Obat Generik HJ Kemasan Biru Sangat Aman dan Terpercaya


Sebulan yang lalu saya mempunyai pengalaman pribadi. Ketika anak saya sakit dan harus menjalankan operasi, dokter menanyakan kepada saya, apakah ibu mau resep obat generik atau resep obat paten. Karena saat itu saya masih galau dengan biaya operasi, akhirnya saya memutuskan untuk meminta resep obat generik saja. Dengan berbagai pertanyaan plus dan minus nya kepada dokter. Berharap agar semua baik-baik saja dan anak saya segera pulih kembali kesehatannya.

Tidak ada keraguan sedikitpun karena saya melihat reaksi anak saya terhadap obat generik yang dikonsumsinya begitu positif. Anak saya kembali sehat sama dengan perkiraan dokter. Saya menjadi tenang dan yakin akan keampuhan obat generik ini.

Bukan sekali saja keluarga saya mengkonsumsi obat generik ini. Setiap kali saya berobat di klinik ataupun Rumah Sakit saya selalu diberikan obat generik yang harganya relatif murah. Karena hasil dan khasiat dari obat generik ini sangat memuaskan saya, membuat saya tidak khawatir lagi mengkonsumsi obat generik ini ketika kesehatan saya dan keluarga mengalami sakit.
Sebenarnya sudah lama saya ingin tahu kenapa obat generik ini murah tetapi khasiatnya sama dengan obat paten. Dan bersyukur sekali dengan adanya obat generik ini bagi saya, karena sangat membantu ketika sakit. Bukan hanya membantu saya tetapi membantu semua masyarakat yang mempunyai kehidupan sederhana.

Akhirnya gayung bersambut, Pada hari Senin 13 November 2017 saya mendapatkan kesempatan berkunjung ke Pabrik Hexpharm Jaya Laboratories. Pabrik Hexpharm Jaya Laboratories ini adalah anak perusahaan dari PT. Kalbe Farma tbk yang berlokasi di Cikarang.

Sesampainya disana rombongan Blogger disambut dengan ramah oleh Bp. Boni Anom selaku Group Product Manager. Kemudian kami semua di persilahkan masuk kedalam ruang rapat.
Diruangan yang berada dilantai 2 inilah saya dan teman-teman blogger lainnya mendengarkan penjelasan tentang PT. Hexpharm Jaya Laboratories.
Hexpharm Jaya Laboratories mempunyai MISI yaitu : membangun masyarakat yang lebih sehat melalui produk-produk kesehatan yang lebih ekonomis dan berkualitas.

Tentang PT. Hexpharm Jaya Laboratories

PT. Hexpharm Jaya Laboratories yang lebih dikenal dengan sebutan HJ, berdiri sejak tahun 1971. Pada waktu itu HJ sendiri belum menjadi salah satu anak perusahaan PT. Kalbe Farma tbk.
Pada tanggal 26 Oktober 1988 PT. Hexpharm Jaya berdiri resmi sebagai sebuah perusahaan farmasi. Pada tanggal 15 November 1993 PT. Hexpharm Jaya menjadi anak perusahaan dibawah PT. Dankos Lab. Tbk, sehingga HJ masuk kedalam keluarga besar Kalbe Group.

Pada tahun 1999, Tim Ethical Bintang Toedjoe bergabung dalam PT. Hexpharm Jaya. Dan pada tahun 2001 PT. Hexpharm Jaya secara khusus bergerak dalam bidang pengembangan, produksi, dan pemasaran obat generik.

Tahun 2006 PT. Dankos Lab. Tbk, bergabung dengan PT. Kalbe Farma tbk, bersamaan dengan PT. Dankos Farma dan PT. Finusol Prima.
Dan pada tahun 2012 PT. Hexpharm Jaya meresmikan pabrik barunya yang berlokasi di Cikarang dengan teknologi yang lebih mutakhir dan telah memenuhi standar CPOB. Tahun 2015 Hexpharm Jaya menambah fasilitas produksi ke lantai 2 yang mendapatkan sertifikat CPOB dibulan Desember 2016 dan mulai beroperasi di tahun 2017.

Dalam menjalankan kegiatan produksinya PT.Hexpharm Jaya Laboratories selalu berusaha meningkatkan kualitas, untuk menghasilkan produk-produk kesehatan yang aman dan berkualitas sesuai dengan standar CPOB. Komitmen HJ terhadap mutu produk tercermin pada produk-produk kesehatan yang dihasilkannya.
PT. Hexpharm Jaya Laboratories juga membina hubungan dengan perusahaan farmasi lain dalam pembuatan obat dari perusahaan farmasi lain.

Kita pun diberi penjelasan tentang obat generik. Apa sih obat generik itu ?

Obat Generik

Obat generik adalah obat yang telah habis masa patennya, sehingga dapat diproduksi oleh semua perusahaan farmasi tanpa perlu membayar royalti. Ada dua jenis obat generik, yaitu obat generik bermerek dagang dan obat generik berlogo yang dipasarkan dengan merek kandungan zat aktifnya.

Dalam obat generik bermerek, kandungan zat aktif itu diberi nama (merek), sesuai keinginan pabrik obatnya. Dari berbagai merek tersebut, bahannya sama. Obat generik ini sangat memperhatikan standar obat yaitu, Zat Aktif, Mutu, Obat generik berlogo.

Zat Aktif

Dari sisi zat aktifnya (komponen utama obat) , antara obat generik (baik berlogo maupun bermerek dagang), persis sama dengan obat paten. Namun Obat generik lebih murah dibanding obat yang dipatenkan.

Mutu

Mutu obat generik tidak berbeda dengan obat paten karena bahan bakunya sama. Obat Generik kemasannya dibuat biasa, karena yang terpenting bisa melindungi produk yang ada di dalamnya. Namun, yang bermerek dagang kemasannya dibuat lebih menarik dengan berbagai warna. Kemasan itulah yang membuat obat bermerek lebih mahal.

Obat Generik Berlogo

Obat Generik Berlogo (OGB) merupakan program Pemerintah Indonesia yang diluncurkan pada 1989 dengan tujuan memberikan alternatif obat bagi masyarakat, yang dengan kualitas terjamin, harga terjangkau, serta ketersediaan obat yang cukup. Ini sangat membantu sekali bagi masyarakat yang memiliki ekonomi menengah kebawah. Eits...tapi jangan salah ya....banyak juga masyarakat yang ekonomi menengah keatas juga cocok dengan obat generik.

Lantas apa perbedaan obat generik dan obat paten. Ada Beberapa perbedaan antara obat generik dan paten memang diizinkan oleh otoritas internasional. Hal tersebut dapat mengubah bentuk atau warna pada obat generik. Namun, perbedaan tersebut tidak memengaruhi kualitas obat. Obat generik bisa memiliki perbedaan dengan obat paten, namun sebatas pada bentuk, warna, kemasan, dan labelnya. Obat generik juga diizinkan untuk mengandung bahan tidak aktif yang berbeda seperti aspek rasa. Namun, bahan tidak aktifnya juga harus melewati pemeriksaan dari otoritas internasional.

Kenapa obat generik lebih murah

Seperti yang sudah disebutkan, banyak orang yang ragu karena obat generik lebih murah ketimbang obat paten. Padahal, perbedaan harga tersebut hanya disebabkan oleh biaya proses pembuatan untuk bisa dijual di pasaran.

Dr. Artati selaku Medical Dept. Head memaparkan bahwa obat paten lebih mahal karena membuat obat baru itu membutuhkan biasa manufaktur yang banyak, termasuk biaya penelitian, uji coba obat berskala besar, serta biaya pemasaran seperti iklan dan promosi. Maka itu, untuk memperoleh balik modal, perusahaan farmasi tersebut diberikan hak paten selama 20 tahun.

Ketika masa hak paten tersebut selesai, perusahaan lain diizinkan untuk membuat dan menjual obat paten tersebut dalam versi obat generik. Perusahaan yang menjual obat generik tidak perlu melalui proses pembuatan seperti penelitian dan uji coba skala besar yang membutuhkan biaya besar.

Dalam pemakaian obat generik masing-masing orang akan mempunyai reaksi yang berbeda-beda. Obat yang kita konsumsi akan bereaksi setelah 2 jam. Obat yang diminum akan di proses oleh usus atau lambung dan akan beredar melalui darah. Jadi minum obat bukan berarti kita harus sembuh ya...semua melalui proses dan reaksi tubuh kita.
Jadi jangan cepat mengambil kesimpulan bahwa obat yang kita minum tidak ampuh. Itu mungkin karena reaksi obat didalam tubuh kita belum bekerja secara optimal.

Selanjutnya pemaparan dari Bp. Parlindungan Doraksaribu selaku Kepala pabrik PT. Hexpharm Jaya Labs  menjelaskan, bahwa PT. Hexpharm Jaya Laboratories sebagai perusahaan farmasi yang tergabung dalam Kalbe Group memiliki keunggulan-keunggulan kompetitif yaitu :

1. Sistem yang handal

Untuk menjamin mutu produk terbangun dari selama dan setelah proses produksi, PT. Hexpharm Jaya Laboratories telah menerapkan :

  • Good Manufacturing Practice yang terkini dengan standar PIC/S. Pharmaceutical Inspection Convention/Scheme.
  • Sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2015, sistem manajemen yang bertujuan untuk memastikan perusahaan selalu menghasilkan produk-produk yang bermutu yang sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan.

Selain memenuhi kebutuhan dalam negeri sebagian obat-obatan produksi PT. Hexpharm Jaya Laboratories juga di ekspor keluar negeri yaitu Kamboja, Singapura, Myanmar dan Hongkong. Untuk dapat dipasarkan ke negara-negara tersebut perusahaan wajib memenuhi standar atau regulasi yang sudah ditetapkan dimasing-masing negara tersebut.

  • Sistem kesehatan dan keselamatan kerja OHSAS 18001 : 2007 
  • Sistem manajemen lingkungan ISO 14001 : 2004.
  • Lean Manufacturing dan Total Produktive Management ( TPM ).

Sistem manajemen tersebut diatas bertujuan untuk memastikan PT. Hexpharm Jaya Laboratories memiliki keunggulan kompetitif dalam PQCDSME ( Productivity, Quality, Cost, Delivery, Moral, Safety dan Enviromental ) sehingga tidak hanya mutu produk yang dihasilkan baik, namun juga harga produk lebih kompetitif.

2. Infrastruktur yang handal

Mesin-mesin yang digunakan diproduksi didesain sesuai dengan teknologi terkini sesuai dengan spesifikasi yang  ditetapkan oleh Good Manufacturing Practice. Fasilitas laboratorium yang handal menunjang pemeriksaan produk baik sebelum, selama dan setelah proses  produksi dilakukan. Sistem penunjang seperti HVAC, PWG, Clean Steam, IPAL menjamin proses produksi berjalan sesuai speks dan hasil produksi tidak mencemari lingkungan.

Setelah mendengarkan penjelasan tentang obat generik kita semua diajak berkeliling ke area pabrik. Rombongan Blogger dipandu oleh Mba Titis berkeliling area pabrik. Untuk memasuki area pabrik ini ada beberapa peraturannya. Misalnya saja, untuk menjaga mutu produk yang dihasilkan terhindar dari kontaminasi yang disebabkan oleh beberapa faktor, maka sebelum memasuki area pabrik kita harus memakai pakaian khusus dan tertutup rapat. Kepala pun harus tertutup rapat dan memakai masker.

Dilarang memakai logam yang berbentuk bross, peniti, jepit rambut dan lainnya. Jam tangan, sabuk, dan perhiasan juga harus dicopot. Ini mencegah agar obat tidak terkena kontaminasi.

Area pabrik Hexpharm Jaya Laboratories ini sangat luas dan bersih. Semua Produksi nya pun ditangani sangat teliti dan penuh kehati-hatian.

Kesabaran juga harus ditanamkan dalam area pabrik ini. Contohnya dalam penimbangan bahan baku setiap karyawan harus memasukkan ID karyawannya. Menimbang bahan baku obat dengan sangat teliti. Bila bahan baku obat kurang ataupun lebih sedikit saja maka print mesin tidak akan keluar. Tidak sembarang orang bisa menimbang bahan baku obat ini, hanya karyawan yang memiliki ID Card saja. Sehingga jika ada kesalahan dengan cepat bisa ketahuan karyawan yang melakukan tugas itu.
Proses serah terima juga menggunakan sistem komputer. Produk yang tidak sesuai dengan standar pabrik tidak akan bisa keluar proses produksi.

Mesin-mesin HJ memiliki bahan logam yang sangat steril sekali. Mesin produksi ada yang didatangkan dari luar ada juga yang buatan dalam negeri. Mendatangkan mesin dari luar hanya karena di Indonesia tidak bisa dibuat. Tetapi kalau di Indonesia bisa dibuat maka akan lebih mengutamakan mesin buatan Indonesia. Perawatan mesinnya sangat murah dan mudah sehingga obat generik bisa dijual murah.

Untuk Air yang digunakan bukan air biasa. Airnya diproses melalui beberapa uji coba. Mineral yang ada di dalam air sudah dihilangkan, agar tidak terindikasi dengan bahan obat.

Setelah semua proses panjang pembuatan obat dan pemeriksaan yang sangat teliti dan ketat barulah obat bisa masuk ke mesin kemasan. Didalam mesin kemasan ini juga memiliki kecanggihan yang sangat luar biasa. Mesin bisa mendeteksi obat yang cacad ( yang tidak utuh ). Bila ada obat yang tidak utuh secara otomatis mesin akan membuang obat tersebut dan tidak akan masuk dalam kemasan. Canggih sekali ya...

Setelah proses kemasan selesai barulah proses packing obat kedalam dus obat dan di packing kembali kedalam dus besar dan obat siap di kirim. Mesin bekerja sangat cepat sehingga karyawan pun harus memiliki kecepatan tangan sesuai dengan mesin canggih ini.

Nah...ternyata pembuatan obat Generik ini melalui proses yang sangat detail dan panjang sekali ya..
Pantas saja kalau obat generik ini tidak berbeda dengan obat paten. Khasiat dan keampuhan nya pun sama dengan obat paten, karena memproduksi obat generik sangat steril dan penuh kehati-hatian.

Saya menjadi paham akan perbedaan obat generik dan obat paten. Tidak ada lagi keraguan menggunakan obat generik ini. Karena melihat secara langsung proses pembuatan yang begitu steril, teliti, proses yang panjang dan didukung dengan mesin-mesin yang canggih.

Obat Generik HJ Kemasan Biru ini sangat aman dan terpercaya.
Mengapa harus HJ Generik?

  • HJ Generik memenuhi standar produksi yang di tetapkan oleh pemerintah.
  • Setara dengan obat paten.
  • Terjamin khasiatnya.
  • Diproduksi di pabrik yang modern.
  • Memiliki rangkaian produk generik yang lengkap.


Memilih obat generik itu yang HJ, Harus Jeli !

  • Jelas Produsennya.
  • Efektif khasiatnya.
  • Lihat Kemasannya.
  • Ingat belinya harus ditempat yang resmi.
HJ Generik memiliki kualitas paten.

Jum'at 17 November 2017
tinapurbo@gmail.com










Komentar

  1. Kalau ada yang murah tapi kualitas paten mengapa harus bayar mahal ya. Yang penting khasiatnya sama bisa menyembuhkan penyakit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba.... sekarang jd tahu bahwa obat generik jg punya khasiat yg sama, terutama HJ Generik yg benar² terjamin

      Hapus
  2. Mungkin yg bikin masyarakat merasa obat generik itu gak baik salah satunya krn suka ditawar2in mau generik apa paten itu ya? Jd kesannya gmn gtu...
    Tapi kalau temenku yg dokter di puskesmas sih selalu kasi resep generik buat pasiennya, soalnya dia udah paham kalau yg ke puskesmas daya belinya ya begitu. Tapi tetap diedukasi sama tmnku itu kalau generik itu sama aja bagusnya.

    BalasHapus
  3. NGgak ragu lagi nih gunakan obat generik setelah ada kunjungan ke PT Hexapharm Jaya ya mbaa

    BalasHapus
  4. Iya ya, mak.. kebayang kalau ga pake obat generik biayanya berapa ya? Dan lagi ternyata kualitas sama toh. Tul ga? ^_^

    BalasHapus
  5. Jangan sampai salah liat kemasan ya. Akh jadi teringat pertama kali pakai. Betapa nyaman dan amannya keremu dokter kandungan yang talk active

    BalasHapus
  6. Sekarang jadi makin yakin ya kalau obat generik sama kualitas nya dengan obat paten.

    BalasHapus
  7. Bikinnya dipabrik canggih ya mak ternyata obat generik itu, keren.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vitacimin White Dan Vitacimin Nutriglow Adalah Vitamin Untuk Wanita

Bergaya Di Studio Foto Surya Maxima Kota Lampung

Domus Rumah Permanen Instan