Minggu, 06 Agustus 2017

Prodia Women's Health Centre ( PWHC ) Pertama di Indonesia

Posted by tina sindi on 08.28 with 22 comments

Sebagai seorang wanita kita harus selalu menjaga kesehatan tubuh kita. Baik Kesehatan luar maupun Kesehatan dalam tubuh. Banyak penyakit yang berbahaya yang bisa mengancam nyawa kita. Dan penyakit berbahaya ini, terkadang tidak terdeteksi dengan jelas. Kita tidak merasakan keanehan dan tanda-tanda apapun di tubuh kita. Kebanyakan penyakit akan terdeteksi setelah parah.
Banyak orang tidak tertolong lagi nyawanya karena terlambat mengetahui bahwa dirinya terkena penyakit yang sangat serius.


Setiap anggota keluarga memiliki risiko serta penanganan kesehatan yang berbeda.
Oleh karena itulah Prodia menyediakan Panel Check-Up Kesehatan Keluarga sebagai persembahan bagi keluarga Indonesia.


Laboratorium klinik Prodia ini didirikan pertama kali di Solo pada 7 Mei 1973 oleh beberapa orang idealis berlatar belakang pendidikan farmasi. Dr. Andi Widjaja, MBA beserta seluruh pendiri Prodia lainnya tetap selalu menjaga komitmen untuk memberikan hasil pemeriksaan terbaik dengan layanan sepenuh hati. Komitmen itulah yang mengantarkan Prodia menjadi Pusat Rujukan Nasional dengan visi menjadi Centre of Excellence dan layanan kesehatan terpercaya menunjang pengobatan generasi baru.

PT. Prodia Widyahusada ( PRDA ) yang beralamat di Jl. Wolter Monginsidi, Jakarta Selatan ini menjadi pelopor pertama dan satu-satunya di Indonesia yang telah menyediakan Laboratorium klinik Prodia Women's Health Centre ( PWHC ).
PWHC ini diresmikan pada tanggal 8 Maret 2017, bertepatan dengan International Women's Day.

Beruntungnya saya bisa mendapatkan undangan acara Blogger Gathering PWHC pada hari Jum'at tanggal 4 Agustus 2017. Lokasi Prodia ini sangat strategis, dan dapat di jangkau dari arah mana saja. Posisinya tepat di depan swalayan santa. Prodia juga menyediakan area parkir yang luas untuk para pasien yang akan memeriksa kan Kesehatan nya.

Hingga saat ini Prodia telah tersebar hampir di seluruh provinsi Tanah Air. Dan telah mengoperasikan jejaring layanan sebanyak 273 outlet Prodia. Terdiri dari 131 laboratorium klinik ( termasuk 10 diantaranya dengan tambahan izin dan layanan klinik Prodia Health Care/PHC ), 1 PHC stand alone, 3 klinik khusus, 12 laboratorium Rumah Sakit, dan 126 Point' of Care ( POC ) service di klinik dokter yang tersebar di 31 provinsi dan 114 kota di Indonesia.

Untuk saat ini layanan Prodia Women's Health Centre ( PWHC ) baru tersedia di Cabang Prodia Jl. Wolter Monginsidi Jakarta Selatan ini.

Owh ya...Dari tadi saya membahas tentang Prodia Women's Health Centre ( PHWC ), pasti sebagian teman-teman masih belum ada yang tahu apa itu PWHC. Saya akan jelaskan apa itu PWHC, Yuk mari lihat penjelasan tentang PWHC ini.

Prodia Women's Health Centre ( PWHC )

PWHC adalah klinik dengan layanan kesehatan khusus perempuan berbasis Women-Wellness yang pertama di Indonesia. PWHC memberikan layanan kesehatan yang komprehensif berfokus pada Obstetric Gynaecology mulai dari pencegahan dini, pencegahan lanjutan, diagnostic center hingga konsultasi dokter, dengan desain khusus yang didukung perlengkapan teknologi diagnostik terbaru.

Ibu Rini sebagai Project Manager PWHC menjelaskan dan memaparkan tentang PWHC.
Kenapa PWHC ini khusus perempuan, iya karena perempuan harus mendapatkan perlakuan dan perhatian yang khusus dan istimewa. Organ dalam tubuh perempuan sangat banyak dan harus mendapatkan pemeriksaan laboratorium rutin, maksimal satu tahun sekali.

Dari itulah PWHC memberikan keistimewaan pada perempuan. Karena sebagian besar perempuan selalu terlambat mengetahui penyakit di dalam tubuhnya. Hal ini dikarenakan penyakit yang hinggap ditubuhnya tidak ada tanda-tandanya. Hal inilah yang membuat perempuan mengambil kesimpulan bahwa dirinya sehat-sehat saja.

Ibu Rini juga menjelaskan perbedaan PWHC dengan Rumah Sakit. Apa sih yang menjadi perbedaan nya?
Kalau Rumah Sakit sebagian besar orang yang datang karena sedang sakit, dan butuh pengobatan sesegera mungkin.
Tetapi kalau PWHC ini, sebagian besar yang datang belum sakit tapi ingin memeriksa kan Kesehatan tubuhnya. Pasien yang datang ke PWHC ingin memastikan tubuhnya baik-baik saja atau sebaliknya. Kebanyakan pasien ingin melakukan pencegahan sebelum sakit. Dan ada baiknya kita memeriksakan kesehatan kita sebelum terlambat di PWHC, agar mendapatkan penanganan sedini mungkin. Penyakit berbahaya bisa datang kapan saja,dimana saja, dan kepada siapa saja, maka dari itulah sudah menjadi kewajiban kita untuk mencegah dan mengobatinya sebelum terlambat, dengan cara memeriksakannya ke PWHC.
Dari itulah PWHC memberikan keistimewaan khusus untuk perempuan di klinik ini.


Di PWHC  para pasien perempuan akan mendapatkan pelayanan yang sangat ramah dan spesial dari para pegawai dan juga dokternya. PWHC memberikan kenyamanan bagi siapa saja yang datang untuk memeriksakan kesehatannya ataupun berkonsultasi dengan dokter.
Dokter dengan sabar akan mendengar kan keluhan pasien dan akan memeriksa pasien dengan sangat teliti.

Disamping pelayanan yang sangat memuaskan, Klinik Prodia juga mendesain ruangan senyaman mungkin, agar pasien yang datang tidak merasa tegang dan menjadi rileks seperti berada dirumah sendiri. Untuk melakukan pemeriksaan  atupun konsultasi dokter  para pasien bisa melakukan appointmen terlebih dahulu. Kita tidak perlu mengantri dan menunggu lama, karena sudah melakukan appointmen sebelumnya. Hal ini agar pasien tidak merasakan bete dan bosan karena menunggu antrian.

Nah...enak kan...jadi saat kita akan periksa ke PWHC kita sudah tinggal masuk untuk diperiksa ataupun berkonsultasi dengan dokter sesuai appointmen yang sudah disepakati.

Banyak layanan kesehatan perempuan yang disediakan di PWHC ini.

Apa saja layanan PWHC ?

Di PWHC para pelanggan Perempuan memiliki banyak pilihan untuk melakukan pencegahan penyakit dengan berbagai jasa layanan, yaitu :
  • Pencegahan dini ( primary preventifnya ).

Pencegahan dini ini adalah para pasien akan diberikan penyuluhan dan juga edukasi.

  • Pencegahan Lanjutan ( secondary prevention ).

Pencegahan lanjutan ini pasien akan dilakukan medical check-up, tes laboratorium lengkap dan juga Pap smear.

  • Diagnostic Centre.

Diagnostic Centre ini yaitu pemeriksaan USG ObGyn, Colposcopy, LLETZ, Hysterosalpingography, USG Breast, X-Ray ( Rontgen ) dan Electrocardiography.

  • Konsultasi dokter baik dokter umum maupun dokter spesialis dan sub spesialis.

Semua pemeriksaan di PWHC ini menggunakan teknologi yang sangat modern. Kita tidak akan merasa was-was apalagi ketakutan. Karena dokter yang akan memeriksa pun disediakan dokter yang sangat berpengalaman dibidangnya.

Selain Ibu Rini, Nara sumber dalam acara ini juga hadir yaitu Dr. Raditya Wratsangka sebagai Dokter Penanggung Jawab PWHC.
Dr. Raditya Wratsangka ini memberikan penjelasan dan juga sekaligus mempraktekkan cara memeriksa pasien dengan perlengkapan medis yang sangat modern. Semua perlengkapan medisnya akan membuat pasien merasa tenang dan nyaman.

Melakukan pemeriksaan di PHWC ini sangat memuaskan para pasiennya. Selain karyawannya yang ramah, ruang tunggu dan ruang pemeriksaannya dibuat senyaman mungkin, agar pasien merasa tenang dan tidak takut ataupun khawatir. Biasanya orang yang ingin melakukan tes kesehatan laboratorium akan dihinggapi rasa tegang dan kekhawatiran. Tapi di klinik PWHC ini, kekhawatiran akan hilang.
Alat - alat pemeriksaan di PWHC pun disediakan dengan diagnosis teknologi terbaru dan kualitas hasil tes dari laboratorium Prodia sejajar dengan laboratorium Internasional.


Nah...keren kan...

Jadi jangan sepelekan penyakit, terutama untuk para perempuan. Tubuh sehat belum tentu kita terbebas dari berbagai macam penyakit. Lakukanlah pemeriksaan sedini mungkin agar mendapatkan pengobatan secepatnya. Sebelum terlambat dan sebelum kita menyesal. Karena sebagian besar penyakit berbahaya pada wanita tidak menunjukkan tanda-tanda yang sangat terlihat. Biasanya tanda-tanda akan muncul bila penyakit ditubuh kita sudah sangat serius.

Ngeri ya....saya saja berada di PWHC ini merasa nyaman sekali. Bersih, rapi dan nyaman. Ingin rasanya memeriksakan kesehatan saya di PWHC ini. Karena saya tidak ingin menyesal nantinya.

Dalam waktu dekat PWHC juga akan menyediakan layanan Hysterosalpingography dan Mammografy, mengacu pada Well-Women Annual Health Assessment Recommendations ( ACOG, 2012 ), dimana strata usia pasien dibagi berdasarkan usia yaitu :

  • Usia 13-18 Tahun.
  • Usia19-39 Tahun.
  • Usia40-64 tahun.
  • Usia65 Tahun keatas.

Kenapa pemeriksaan harus dibagi berdasarkan usia?
Karena kebutuhan setiap strata berbeda dan PWHC dapat melayani sesuai strata masing-masing usia tersebut.

Nah...makin canggih dan keren kan PWHC ini, jadi tunggu apa lagi, segera periksakan kesehatan tubuh kita di PWHC, agar mendapat penanganan sesegera mungkin. Sebelum penyakit berbahaya menggerogoti tubuh kita.

Waspadalah pada penyakit, karena penyakit bisa datang pada siapa saja.


Minggu 06 Agustus 2017
tinapurbo@gmail.com
Categories:

22 komentar:

  1. Perempuan terkadang Suka lupa Cek up kesehatan diri, padahal jika Kita sehat bukan hanya untuk diri sendiri tapi Kita bisa menjalankan tugas kita sebagai ibu, sebagai Istri Dan sebagai anak dari orang tua dan mertua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju. Bahkan tak jarang perempuan sakit juga di sehat2in agar Pekerjaan nya bisa diselesaikan tanpa menyusahkan orang lain. Perempuan ini memang sangat luar biasa

      Hapus
  2. Nyaman banget yah tempatnya, kadang kita ke klinik kesehatan males suasananya yang kaku dan harus nunggu lama, tapi kayaknya diaini enjoy banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba....pengen bgtt periksa ke sini nanti

      Hapus
  3. Kliniknya perempuan bgt desain dan interiornya. Dibuat senyaman dan sepersonal mungkin. Beda bgt dg klinik konvesional yg ada. Pengen bgt deh konsul ke PWHC

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sama sy juga kapan2 pengen lah periksa disini.

      Hapus
  4. Waah sayang ya.. pwhc baru ada 1. Semoga bisa terwujud di Depok ya. Biar deket ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin...iya biar lebih mudah kita periksa ya mba...

      Hapus
  5. masuk ke sini, kaya bukan masuk ke klinik ya, wangii, cantiik. Semoga kita semua sehat ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba...kayak salon. Amin...semoga kita selalu diberikan kesehatan

      Hapus
  6. Suka banget tempat ini. Sambutan yang mencerminkan sebuah tempat pelayanan untuk perempuan itu sudah terbangun dari awal kita masuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, yuk ah kita periksa disini, janjian biar barengan

      Hapus
  7. betah ya periksa di sana, apalagi kalo tiap periksa disuguhin makan siang hehe

    BalasHapus
  8. Nyaman banget ya mak tempatnya ,,,berasa di salon bukan di klinik hehehe.

    BalasHapus
  9. Kebanyakan yang aku tahu memang wanita suka meremehkan kesehatan. Lebih mikirin kesehatan anak atau suami ya mak

    BalasHapus
  10. Kita kdg klo mau periksa organ intim sk ragu2 ya Mak tp di PWHC kynya asikk tuh Mak..yuk periksa

    BalasHapus
  11. Lokasinya mudah bgt ditemui ya

    BalasHapus
  12. Ruang tunggunya aja nyaman banget. Yg nungguin jadi gak boring.

    BalasHapus
  13. Mungkin..mukena di mushola di perbanyak agar mudah utk sholat.cuman satu sih

    BalasHapus
  14. Mungkin..mukena di mushola di perbanyak agar mudah utk sholat.cuman satu sih

    BalasHapus
  15. Semua ruangannya dari pertama kali masuk udah nyaman banget :)

    BalasHapus
  16. Nah pencegahan dini tuh penting banget ya kemungkinan sembuhnya besar. Jangan takut periksa kesehatan apalagi di PWHC

    BalasHapus