Langsung ke konten utama

Acara Citizen Journalist Academy Adalah Kolaborasi Antara PT. Pertamina, Indosiar Dan Liputan 6


Kamis tanggal 27 Juli 2017 pukul 11 siang, tampak ramai di The Ice Palace, Lotte Shopping Avenue Jakarta. The Ice Palace dipenuhi oleh para anak muda dari berbagai universitas. Mereka semua sedang mengantri untuk melakukan registrasi. Saya semakin penasaran, dan ikut memenuhi area tersebut. Ternyata anak muda ini ingin mengikuti audisi "Energi Muda Pertamina". Apa sih...Energi Muda Pertamina ini.


PT. Pertamina ( Persero ) bersama Liputan 6 dan Indosiar berkolaborasi menggelar acara ajang Citezen Journalist Academy dengan tema #EnergiMudaPertamina.
Acara Citizen Journalist Academy ini Mencari para mahasiswa muda untuk menjadi peserta antara usia 17 - 24 tahun yang memiliki minat di bidang jurnalistik, video, presenter, dan public relations.

Program Citizen Journalist Academy ini akan diadakan di 3 kota yaitu Jakarta 27 Juli, Semarang 3 Agustus dan Balikpapan 10 Agustus 2017.
Nantinya para peserta ini akan didik selama 4 bulan dibawah bimbingan Liputan 6, Pertamina dan Indosiar.
Tujuan dari Citizen Journalist Academy ini untuk mengakomodir generasi muda dalam berkarya pada bidang Citizen Journalist.

Nah....keren kan acaranya, dari pada penasaran yuk cari tahu dulu apa itu Citizen Journalist Academy.

Citizen Journalist Academy

Citizen Journalist Academy ini merupakan program pelatihan anak muda di bidang media digital dan televisi melalui program pembelajaran dan pelatihan yang dikemas secara menarik dan edukatif.

Acara ini memberikan pelatihan secara teknik yang nantinya penyelenggara akan memberikan pengetahuan tentang aturan yang harus dipatuhi dalam membuat karya jurnalistik.
Rasa penasaran saya pun telah terjawab. Jadi para anak muda ini sedang mengantri antrian registrasi untuk mengikuti audisi ini. Pantas saja semua mahasiswa dari berbagai kampus memenuhi The Ice Palace ini. Karena hari ini adalah hari pertama di Jakarta yang menggelar acara Citizen Journalist Academy. Mereka semua datang dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi ( Jabodetabek ). Antusiasnya para mahasiswa muda ini sangat luar biasa.


Setelah semua peserta selesai melakukan registrasi, mereka semua dipersilahkan masuk ke dalam ruangan. Acara ini di mulai pada pukul 13.00 WIB. Acara dimulai dengan menghadirkan 7 orang Coach yang cantik, ganteng dan keren - keren. Para Coach ini sudah tidak asing lagi di layar kaca. Para coach ini diantaranya Jemmy Darusman, Utrich Farzah, Zulfikar Naghi, Nurul Cinta, Ryan Wiedaryanto, Dani dan Angga. Coach ini semakin gagah dengan memakai pakaian Seragam biru. Semua mahasiswa yang hadir memberikan tepuk tangan yang sangat meriah.

Coach inilah yang nantinya akan membimbing para mahasiswa terpilih. Masing-masing coach berbagi pengalamannya selama mereka bekerja di pertelevisian. Selain berbagi pengalaman para coach juga memberikan tips-tips bagaimana menjadi pekerja di sebuah televisi. Agar mereka para mahasiswa yang terpilih nantinya sudah mempunyai gambaran bagaimana suka dan dukanya bekerja disebuah stasiun televisi.


Setelah para coach berbagi pengalaman dan tips nya, acara kembali diteruskan dengan pemaparan dari perwakilan Kitabisa.com yaitu Mas Fatih yang memiliki nama pena Timy. Mas Timy memberikan penjelasan tentang kitabisa.com yang sudah ada sejak tahun 2013. Kitabisa.com adalah program penggalangan dana dari masyarakat untuk berbagai santunan. Melalui kitabisa.com banyak sudah para dermawan yang menyumbang dana untuk bantuan kitabisa.com. Pencapaian penggalangan dana Kitabisa.com ini luar biasa. Banyak yang sudah dilakukan oleh Kitabisa.com. Selain itu, pencapaian dananya sangat luar biasa. Ternyata banyak juga para dermawan yang berbagi untuk menyumbangkan dana nya melalui kitabisa.com.

Ketika mata saya mulai mengantuk, Tapi karena acara diisi oleh perwakilan dari Pertamina yaitu mas Aditya suasana menjadi semakin hidup. Pemaparan dari Pertamina ini sedikit santai. Mas Aditya pun memberikan penjelasan diselingi dengan candaan yang membuat semua peserta tertawa, dan membuat kantuk saya hilang. Mas Aditya menjelaskan bagaimana menjadi bagian dari karyawan Pertamina. Selain itu Mas Aditya juga menjelaskan apa saja produksi dari Pertamina dan menjelaskan sumbangan keuntungan yang diberikan Pertamina untuk APBN Indonesia.

Semakin lama acara semakin seru dengan kehadiran Mas Indra Yudistira sebagai Broadcast. Mas Indra Yudistira menceritakan awal mula bekerja di pertelevisian. Banyak yang sudah dikerjakan di dunia televisi. Berbagai program televisi dari berbagai stasiun telah dikerjakan nya. Dari mulai sinema, ajang pencarian bakat sampai konser semua sudah di kerjakan oleh Mas Indra Yudistira. Dan semua hasilnya memuaskan, luar biasa. Kita diajak juga menyaksikan hasil karya dari tangan dingin dan kreatif mas Indra Yudistira. Salut dan hanya bisa berkata, Luar Biasa.

Acara Nitizen Journalist Academy di Jakarta sudah di umumkan mahasiswa yang terpilih dari masing-masing kategori. Selamat ya.....
Bagi para mahasiswa yang ingin mengikuti ajang Nitizen Journalist Academy masih ada audisinya yang akan berlangsung di Semarang pada tanggal 03 Agustus 2017 dan di Balikpapan tanggal 10 Agustus 2017.

Nah...nantikan keseruan-keseruan ajang Nitizen Journalist Academy di babak final nanti ya....
Selamat berjuang untuk para mahasiswa terpilih, tetap semangat dan optimis ya....


Selasa 01 Agustus 2017
tinapurbo@gmail.com

Komentar

  1. Jadi netcitizen jurnalis tidak Mudah Dan penuh tantangan, rintangan. Ajang ini menjaring permudah untuk menghasilkan yg berkualitas, unggulan Dan berbakat

    BalasHapus
  2. Congrats buat yang lolos semoga dpt mengaplikasikannya lagi di dunia jurnalistik ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vitacimin White Dan Vitacimin Nutriglow Adalah Vitamin Untuk Wanita

Vitacimin meluncurkan produk barunya yang sangat membantu menjaga kesehatan para wanita. Vitacimin ini sebelumnya sudah terkenal dikalangan masyarakat yaitu merk Vitacimin C, yang telah ada di Indonesia dari generasi ke generasi. Dan kini Vitacimin meluncurkan produk terbaru nya yaitu Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow. Vitacimin ini adalah produk dari Takeda Indonesia.

PT. Takeda Healthcare Products Co., LTD., Kyoto, Jepang yang sudah dikenal memiliki standar kualitas yang tinggi. Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow merupakan suplemen makanan dalam bentuk tablet salut gula yang praktis untuk dikonsumsi setiap hari untuk membantu menjaga kesehatan.

Vitacimin White  ini dikemas dalam kemasan berwarna putih dan biru. Kandungan dalam Vitacimin White ini adalah Vitamin C, Vitamin E, Vitamin B2, L-Cysteine dan Vitamin B5 ( Pantothenate ).

Sedangkan untuk Vitacimin Nutriglow  dalam kemasan berwarna putih dan merah. Kandungan dalam Vitacimin Nutriglow ini adalah Vitamin C, Biotin, Vi…

Bergaya Di Studio Foto Surya Maxima Kota Lampung

Lampung... Mendengar kota ini selalu di kait - kait kan dengan hal - hal yang buruk.  Itulah awal mula pasangan suami istri ini mendirikan sebuah usaha di kota kelahirannya, Lampung.

Ya... Dari pengalamannya yang setiap pergi ke kota lain,  dan setiap kali ada percakapan dengan orang di kota lain,  selalu mendapat jawaban yang merasa diri nya sedih. Lampung selalu di cap menjadi kota penyalur pembantu,  kota tidak aman dan lain -  lain.  Dari situlah sepasang suami istri ini membangun usaha yang diharapkan dapat mengangkat nama Lampung.  Setidaknya bisa membuat kota Lampung lebih maju dan menciptakan lapangan pekerjaan buat anak -  anak muda Lampung menjadi maju dan kreatif.

Usahanya sangat berlian dan cemerlang,  usahanya itu membuat kota Lampung menjadi lebih maju.  Usaha ini pula di inisiatif dengan tidak ada Mall besar di Kota Lampung.
Studio Surya Maxima ini lah usaha yang didirikan oleh sepasang suami istri Mas Bayu dan Mba Yuke ( jebolan pencari bakat AFI asal Lampung di sebua…

Domus Rumah Permanen Instan

Apa itu rumah DOMUS 

Sebagian masyarakat sudah ada yang mengenal rumah DOMUS, ada juga yang belum tahu dan bahkan belum pernah dengar.
PT. Tatalogam Lestari melebarkankan sayapnya dengan membangun rumah DOMUS Instant permanen hanya dengan 5 hari, untuk rumah satu lantai. Bayangkan saja, rasanya tidak mungkin membangun sebuah rumah hanya membutuhkan waktu secepat itu. Tapi semua bisa dibuktikan oleh PT Tatalogam Lestari ini.

PT Tatalogam Lestari Adalah perusahaan genteng metal terbesar dan baja ringan terbesar di Indonesia. Berbagai penghargaan telah diraihnya. Dan kini Tatalogam Lestari kembali meluncur gebrakan nya dengan menghadirkan rumah instan permanen Domus. Perusahaan yang sudah ada sejak tahun 1994 ini menunjukkan keseriusannya dalam memproduksi genteng metal, baja ringan dan rumah DOMUS ini.

Pameran Indonesia Building Technologi EXPO pada tanggal 17 - 21 May 2017 yang bertempat di ICE - BSD CITY ini, PT Tatalogam Lestari ikut ambil bagian dalam pameran ini. Pameran yang berla…