Rabu, 26 Juli 2017

Membaca Al-Qur'an, Ala Bisa Karena Biasa

Posted by tina sindi on 08.12 with No comments

Semua agama apapun yang kita anut pasti memiliki kitab suci. Kitab suci itulah yang di jadikan amalan manusia pada umumnya. Sebagai contoh saya seorang muslim, maka kitab suci saya adalah Al-Qur'an.
Seorang muslim meyakini kesucian dan keutamaan Al-Qur'an, yang paling utama dan sempurna tidak ada cela dan kebatilan sedikitpun padanya. Al-Qur`an merupakan sebaik-baik dan sebenar-benarnya kalam, barangsiapa yang berhukum dengan Al-Qur`an pasti ia akan berada di atas keadilan dan jauh dari kezhaliman.


Maka kita sebagai seorang muslim- tidaklah pantas melupakan Al-Qur`an dan mengambil hukum lain dalam menyelesaikan permasalahan hidup. Dengan membaca dan memahami Al-Qur`an terus menerus, sedikit demi sedikit, Insya`Allah akan kita dapatkan berbagai macam ilmu pengetahuan yang menambah keimanan kita.


Saya pun belum begitu lancar dalam membaca Al-Qur'an, tapi saya mempunyai semangat yang tinggi untuk terus belajar membaca Al-Qur'an agar semakin lancar. Saya senang bisa belajar bersama-sama dengan ibu-ibu majlis ta'lim dilingkungan saya. 4x dalam seminggu saya selalu rutin belajar membaca Al-Qur'an dan amalannya.


Sebelum membaca Al-Qur'an terlebih dahulu kita harus memahami makna dari sebuah kitab suci.
Mengerti akan Makna Al-Qur'an, membuat kita akan serius dalam membacanya.


Allah telah menjamin Al-Qur'an yang Agung ini akan tetap sama. Tidak pernah ada penambahan, pengurangan dan perubahan. Itulah sebabnya Al-Qur'an sangat dijaga kesuciannya.


Al-Qur`an adalah kalamullah Ta`ala yang diturunkan kepada rasul-Nya dan penutup para nabi, yaitu Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang diawali dengan surat Al-Fatihah dan diakhiri dengan surat An-Nas.


Makna dari Al-Qur'an juga bisa dijadikan tiang beragama. Membaca Al-Qur'an hukumnya wajib. Jadi usahakan kita bisa membaca Al-Qur'an meskipun belum lancar. Jangan bosan untuk terus belajar seperti saya. Saya pun masih terbata-bata saat membaca Al-Qur'an.


Tips menyenangkan saya saat membaca Al-Qur'an adalah :


Membaca Al-Qur'an bersama-sama dengan keluarga, teman ataupun saudara. Membaca berjamaah, lebih semangat dan serius.
Kalau membaca Al-Qur'an bersama-sama ketika kita bingung ataupun ragu saat membaca satu ayat yang kita tidak tahu, kita jadi bisa belajar dari mereka. Jadi membaca berjamaah itu, gunanya adalah membaca sekaligus belajar. Saat dirumah saya tetap berusaha untuk membaca sendiri dengan cara mengeja satu huruf kalau ada bacaan yang saya tidak bisa.


Intinya membaca Al-Qur'an adalah wajib hukumnya. Jangan pernah menyerah dan bosan. Membaca Al-Qur'an akan membuat kita menjadi terlatih dan terbiasa. Lama-lama akan lancar juga. Lebih baik mengeja satu huruf, satu huruf dari pada tidak sama sekali. Membaca dengan terbata-bata akan mendapatkan pahala, dibandingkan tidak membaca sama sekali.


Karena Al-Qur'an adalah kitab suci seorang muslim, wajib hukumnya membaca Al-Qur'an, jadi....usahakan membaca setiap hari meski hanya satu ayat.


Dari kecil saya sudah di ajarkan orang tua saya belajar Al-Qur'an, setelah itu saya tinggal melancarkan nya saja. Alhamdulillah sekarang sudah mulai lancar dan membaca dengan benar.
Ilmu ini pun saya tularkan pada anak-anak saya. Meski anak-anak sudah saya masukkan ke TPA tapi dirumah tetap ibunya lah yang membantu membaca supaya cepat lancar. Dan sekarang ketika anak-anak mulai remaja, Alhamdulillah mereka sudah lancar. Karena bagaimanapun seorang muslim harus bisa membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar.


Membaca Al-Qur'an membuat pikiran kita terang, jiwa kita tenang dan Insya Allah apapun masalah kita selalu diberikan jalan keluar nya...Amin...Amin...Ya Rabbal'Alamin.

Demikian juga menjadikan Al-Qur`an sebagai petunjuk dalam menempuh perjalanan menuju Allah.



Rabu 26 Juli 2017
tinapurbo@gmail.com
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar