Jumat, 09 Juni 2017

4 Pilar Negara IndonesiaYang Harus Tetap Di Jaga Dan Di Pertahankan

Posted by tina sindi on 00.59 with 2 comments

"Saya Indonesia, Saya Pancasila".

Selogan ini bertebaran di media sosial menjelang tanggal 01 Juni 2017, iya karena tanggal 01 Juni 2017 diperingati hari lahirnya Pancasila.
Pancasila adalah dasar dari negara Indonesia. Jadi mari kita jaga Pancasila agar Indonesia tetap jaya.

Pada tanggal 05 Juni 2017 saya berkesempatan untuk pertama kalinya menginjakkan kaki saya di Gedung MPR ini. Senang dan bahagia luar biasa yang tidak bisa saya ungkapkan dengan kata - kata. Begitu bersemangat nya saya menuju Gedung MPR ini, Gedung yang sangat megah dan tidak sembarang orang bisa masuk kesana.
Gedung MPR RI yang menurut sebagian orang menakutkan ternyata tidak benar. Bahkan mengikuti acara Ngobrol Bareng Netizen Dan Blogger Bersama Ketua MPR RI dan Sekjen MPR RI tidak ada rasa tegang sedikitpun. Saya malah seperti berada di tengah-tengah keluarga.

Iya...acara Ngobrol Bareng Ketua MPR RI ini berlangsung di ruang Delegasi. Ruangan ini yang biasa digunakan untuk menerima delegasi parlemen luar negeri.

Bangga dan Terharu saya bisa masuk keruangan Delegasi ini. Acara dimulai degan dua MC wanita cantik yang luar biasa. Lucu dan sangat menghibur membuat kita semua yang hadir di ruang Delegasi tak henti-hentinya tertawa. Setelah dihibur oleh kedua MC wanita cantik dan menghibur ini akhirnya tiba juga saatnya kita mendengarkan sambutan dari Ketua MPR RI Bp. Zulkifli Hasan.

Kedatangan Bp. Zulkifli Hasan selaku Ketua MPR RI disambut hormat oleh para undangan yang hadir. Dan ternyata beliau sangat humble dan humoris juga loh...

Kita semua dipersilahkan kedepan sebelum acara sambutan beliau dimulai. Bp Zulkifli Hasan mengajak kita semua untuk berfoto bersama. Dan tak jarang ada yang berkesempatan mengambil foto berdua bersama beliau. Salut dengan Bp. Zulkifli Hasan, karena beliau sangat ramah, baik dan humoris juga ternyata.
Kita semua yang hadir di ruang Delegasi ini dibuat senyaman mungkin, tidak ada rasa tegang sedikitpun walaupun acara tetap terlihat resmi.

Bp. Zulkifli Hasan selaku Ketua MPR RI memberikan sambutannya.
Bp. Zulkifli Hasan menjelaskan Indonesia dikenal dengan masyarakat yang memiliki keberagaman agama, suku, bahasa dan budaya. Kita berbeda tetapi tetap satu yaitu Indonesia. Banyak orang luar Negeri yang mengagumi Indonesia sebagai negara yang menjunjung tinggi demokrasi dan toleransi.

Pancasila itu kasih sayang, kekeluargaan dan gotong royong. Pancasila adalah perilaku yang memanusiakan manusia lainnya.
Kita Indonesia mempunyai 4 pilar.
Pilar adalah tiang, tanpa pilar atau tiang maka negara akan runtuh dan terpecah belah. Maka dari itu Indonesia memiliki 4 pilar yang akan membuat kita tetap bersatu mempertahankan negara Indonesia tercinta ini.

Apa itu 4 pilar Indonesia ?

4 pilar negara Indonesia adalah :

  1. Pancasila.
  2. UUD 1945.
  3. NKRI ( Negara Kesatuan Republik Indonesia ).
  4. Bhineka tunggal Ika.

Pancasila adalah sesuatu yang sangat sakral. Karena Pancasila mempunyai tiga inti yakni gotong royong, kerjasama dan kasih sayang.

Jadi kita sebagai rakyat Indonesia wajib menjaga dan menjunjung tinggi Pancasila.
Jangan jadikan perpecahan hanya karena masalah sepele ataupun masalah apapun. Tetaplah bersatu dan bergandengan tangan. Tidak boleh saling membenci, saling menyerang dan saling menjatuhkan karena perbedaan.
Tetaplah menjunjung nilai - nilai Pancasila kita.

Nah....jadi kesimpulannya netizen dan Blogger diharapkan bisa membantu mengembalikan nilai-nilai keluhuran Pancasila dan membaginya kepada masyarakat.
Demokrasi Pancasila akan benar jika yang memilih sadar akan pilihannya dan konsekuensinya. Karena dalam demokrasi rakyat adalah rajanya, maka raja harus benar dan sadar memilih wakilnya.

Sayang kita tidak bisa berlama-lama lagi mendengar penjelasan dari Ketua MPR RI karena beliau ada acara penting lainnya yang harus dia datangi. Tapi bukan berarti acara menjadi hampa ya....
Karena acara dilanjutkan dengan sambutan dari Bp. Ma'ruf Cahyono  selaku Sekertaris Jenderal MPR RI. Tak kalah dengan Bp Zulkifli Hasan yang humble, Bp Ma'ruf Cahyono ini juga mempunyai kelebihan yaitu pintar membuat puisi, keren ya....
Kita dibuat terkagum-kagum dan memberikan apresiasi dengan bertepuk tangan. Beliau juga sangat ramah dan humble. Benar-benar kita tidak dibuat tegang di dalam ruangan Delegasi ini, bahkan kita menjadi betah.

Bp. Ma'ruf Cahyono  menjelaskan kita sebagai masyarakat harus pintar-pintar menggunakan media sosial. Jangan cepat terpengaruh dengan berita hoax ataupun yang membuat kita panas.
Terkadang masyarakat banyak yang menyalahkan kinerja pemerintahan. Padahal wakil rakyat dipilih karena pilihan masyarakat. Maka dari itu, jika memilih wakil rakyat, kita sebagai masyarakat haruslah tahu dan yakin akan visi dan misi yang menjadi pilihan kita nantinya. Seperti apa wakil rakyat yang akan kita pilih. Kita harus tahu latar belakang pendidikannya, latar belakang kehidupannya dan juga yang terpenting babat, bibit, dan bobot calon pilihan kita. Karena dia lah nantinya yang akan memegang peranan penting negara kita tercinta Indonesia.

Jangan hanya memilih karena kita diberi fasilitas sebelum pemilihan, tetapi kita tidak kenal dan tahu siapa sebenarnya beliau. Ini akan menjadi kesalahan besar buat kita sebagai masyarakat.
Memilih wakil rakyat tidak semudah memilih makanan. Sebaiknya kita tahu seperti apa calon pilihan pemimpin kita. Kita lihat biodata, cara kerjanya dan visi misinya dengan jelas, agar kita menjadi yakin dan tidak salah pilih.

Karena pilihan yang salah akan membawa dampak besar bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dari itulah gunakan hak pilih kita dengan benar dan seyakin - yakinnya. Agar tidak ada penyesalan di kemudian hari. Dan jangan mudah percaya dengan berita apapun yang akan membuat kita terpecah belah. Karena kita punya landasan Pancasila yang kuat. Dasar yang kuat yang akan membuat kita bersatu dan tidak mudah bercerai berai.

Dengan diadakannya acara Ngobrol Netizen dan Blogger bersama Ketua MPR RI ini diharapkan para Netizen dan Blogger lebih memahami makna Pancasila dan 4 pilar untuk Indonesia. Dan diharapkan juga kita dapat menyebarkan pengetahuan baru yang didapat di akun media sosial.
Bagi yang ingin tahu lebih jelasnya bisa lihat di akun Media sosial IG dan Twitter Dengan hastag
#4pilarku #PancasilaKita #IniBaruIndonesia
Banyak info yang bermanfaat dan pesan -pesan yang positif di sana.
Sambutan terakhir Bp. Ma'ruf Cahyono selaku Sekertaris Jendral MPR RI ini membacakan sebuah puisi yang sangat keren. Sorai tepuk tangan menghidupkan ruang Delegasi. Rasa takjub luar biasa karena sebuah puisi yang sangat bermakna.

Acara ditutup dengan berfoto bersama sebagai bukti kebersamaan kita karena Pancasila.
Dan acara di lanjutkan dengan buka puasa bersama.
Rasanya saya belum puas mengikuti acara di ruang Delegasi ini. Kebersamaan yang hanya berlangsung 2 jam tidak cukup bagi saya untuk mendapatkan materi yang sangat penting ini. materi yang membuat kita bersatu dan tidak ingin bercerai berai. Ingin rasanya lebih lama Ngobrol Bareng bersama Ketua dan Sekjen MPR RI ini. Mendengar penjelasan yang begitu menyentuh jiwa dan raga kita.

Semoga kita menjadi negara yang tetap memegang teguh Pancasila dengan 4 pilarnya.
Karena...
"Saya Indonesia".
"Saya Pancasila".

Jum'at 09 Juni 2017
tinapurbo@gmail.com
Categories:

2 komentar:

  1. kita perlu jaga keberagman ya, dan lambang negara kiat itu yg mempersatukannya

    BalasHapus
  2. Wah, pengalaman berharga bisa jumpa dengan wakil rakyat.

    BalasHapus