Langsung ke konten utama

RM. Cikwo di Kota Lampung ini, Menyediakan Menu Khas Lampung


Kalau anda sedang jalan - jalan ke Kota Lampung atau pun sedang pulang kampung ke Lampung, dan ingin mencicipi masakan khas Lampung atau kangen masakan khas Lampung, anda bisa mampir ke RM. Cikwo ini.


RM.  Cikwo ini sudah ada sejak 6 tahun yang lalu. Pemiliknya adalah Ibu Isnah ( asli Lampung) yang sangat ramah, murah senyum, dan siap memberikan informasi apapun yang kita butuhkan.
RM. Cikwo beralamat di Jl.  Nusa Indah No. 1 Sumur Batu Teluk Bitung,  Utara Kota Bandar Lampung 35213,  ini berada ditengah - tengah kota Lampung, lokasi di pinggir jalan dan mudah di jangkau.
RM. Cikwo menyediakan berbagai macam masakan khas Lampung juga menyediakan aneka macam kopi dan aneka minuman segar lainnya.

Di RM. Cikwo ini tersedia berbagai macam menu khas Lampung, diantaranya :

  • Gulai Taboh, gulai taboh adalah ikan yang di masak dengan bumbu kuning ( gulai  taboh ini adalah makanan tradisi Lampung yang ada disetiap perayaan hari besar,  hajatan atau pesta). 
  • Pindang ikan patin, pindang ikan patin ini dikombinasikan dengan daun kemangi yang membuat masakan menjadi wangi.
  • Ikan Tuhuk ( ikan blue merlin) dimasak dengan kuah kuning.
  • Ayam Pedos, ayam pedos ini hampir sama dengan gulai ayam.
  • Retak Belulang, adalah kulit sapi yang dipanggang dan digoreng lalu di campur dengan kacang merah, dan dimasak dengan berbagai bumbu yang menjadikan citarasa lampung. Rasanya pedas manis, hampir mirip dengan krecek.
  • Terong bakar dan sambal tempoyak durian
  • Sop Blue merlin ( ikan tuhuk)  rasanya segar
  • Gurita sambal goreng ( karita ).
  • Sate Blue Merlin ( ikan tuhuk) .
  •  Kerang Kalipu, yaitu kerang yang dimasak dengan sambel goreng.
  • Pandaf ( botok lampung ), botok ini adalah botok daun talas muda dan dicampur dengan fillet ikan.
  • pepes ikan patin.







Dan masih banyak lagi menu - menu khas lampung yang tersedia di RM. Cikwo ini.
Saya sangat bersyukur sekali bisa mampir dan mencicipi menu - menu khas Lampung di RM. Cikwo ini. Suatu pengalaman baru dan luar biasa bisa mencicipi kekayaan Indonesia ini.
RM. Cikwo ini terdiri dari beberapa ruangan, ada ruangan AC, ruangan non AC dan Out door yang sangat romantis.


Makan di RM. Cikwo ini benar - benar kental budaya Lampung nya. Mulai dari musik nya, hiasannya bahkan pernak pernik yang ada di RM. Cikwo ini. Bahkan disini juga disediakan baju khas Lampung loh! Kita bisa juga berfoto dengan kostum khas Lampung ini dengan latar belakang kota Lampung.
Asyek ya....jadi ada kenang - kenangannya loh kita ada di kota Lampung.


Di RM. Cikwo ini juga saya diperkenalkan dengan makanan budaya Lampung yang sering dinikmati oleh masyarakat Lampung dalam sebuah upacara adat ataupun hari kebesaran.
Tradisi makan bersama masyarakat Lampung ini bernama "Nyeruit". Nyeruit adalah budayanya, sedangkan makanannya bernama "Seruit". 

Budaya Nyeruit ini sering dilakukan oleh masyarakat Lampung.
Apa dan bagaimana cara nyeruit itu, akan saya paparkan disini.
Budaya Nyeruit adalah budaya makan bersama masyarakat Lampung yang sering dilakukan bersama.
Sedangkan makanannya di beri nama Seruit.

Seruit itu sendiri macam - macam makanan dijadikan satu seperti :

Sambel tempoyak, terong bakar, kuah taboh, pindang ( boleh juga ikan bakar ), semua makanan itu di campur menjadi satu dengan menggunakan tangan. Orang yang mencampur seruit adalah orang yang derajatnya paling tinggi diantara yang lain.
Kemudian seruit ini dimakan bersama - sama masyarakat yang hadir. Seruit ini di taruh di atas nasi kemudian dicampur dengan nasi lalu di makan. Menyantap seruit ini harus duduk di lantai.


Owh...iya saya sempat mencicipi seruit ini loh di RM. Cikwo. Konon katanya kalau sudah makan seruit ini, kita sudah jadi orang Lampung loh !
Rasa dari seruit ini enak bangett, belum pernah saya coba sebelumnya, rasanya asem, manis, dan pedas bercampur jadi satu.
Pokoknya enak banget deh, dan saya sangat bangga bisa mencicipi makanan khas budaya orang Lampung ini.

Iya, mengenal sesuatu keunikan dan budaya  suatu daerah di Indonesia adalah sebuah kebanggaan tersendiri buat saya.
Setelah puas mencicipi berbagai menu makanan khas Lampung saya pun dipersilahkan mencicipi beberapa menu kopi khas Lampung yang ada di RM. Cikwo ini.

Wah....rasanya saya seperti menjadi tamu kehormatan saja di RM. Cikwo ini.
Kopi khas Lampung ini ada beberapa jenis. Tapi saya memilih dengan menu Vanilla Late. Kopi Lampung ini mirip dengan kopi kebanyakan, tapi aroma dan rasa kopi khas Lampung lebih terasa. Puas mencicipi semua menu di RM. Cikwo ini akhirnya rombongan kami berpamitan untuk kembali ke penginapan.

Terima kasih RM. Cikwo, terima kasih Mba Isnah atas jamuannya malam ini. Menjamu kami bagaikan tamu kehormatan. Semoga RM. Cikwo tambah maju dan bisa buka cabang di luar Lampung....Amin

Rabu 02 Februari 2017
tinapurbo@gmail.com 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vitacimin White Dan Vitacimin Nutriglow Adalah Vitamin Untuk Wanita

Vitacimin meluncurkan produk barunya yang sangat membantu menjaga kesehatan para wanita. Vitacimin ini sebelumnya sudah terkenal dikalangan masyarakat yaitu merk Vitacimin C, yang telah ada di Indonesia dari generasi ke generasi. Dan kini Vitacimin meluncurkan produk terbaru nya yaitu Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow. Vitacimin ini adalah produk dari Takeda Indonesia.

PT. Takeda Healthcare Products Co., LTD., Kyoto, Jepang yang sudah dikenal memiliki standar kualitas yang tinggi. Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow merupakan suplemen makanan dalam bentuk tablet salut gula yang praktis untuk dikonsumsi setiap hari untuk membantu menjaga kesehatan.

Vitacimin White  ini dikemas dalam kemasan berwarna putih dan biru. Kandungan dalam Vitacimin White ini adalah Vitamin C, Vitamin E, Vitamin B2, L-Cysteine dan Vitamin B5 ( Pantothenate ).

Sedangkan untuk Vitacimin Nutriglow  dalam kemasan berwarna putih dan merah. Kandungan dalam Vitacimin Nutriglow ini adalah Vitamin C, Biotin, Vi…

Bergaya Di Studio Foto Surya Maxima Kota Lampung

Lampung... Mendengar kota ini selalu di kait - kait kan dengan hal - hal yang buruk.  Itulah awal mula pasangan suami istri ini mendirikan sebuah usaha di kota kelahirannya, Lampung.

Ya... Dari pengalamannya yang setiap pergi ke kota lain,  dan setiap kali ada percakapan dengan orang di kota lain,  selalu mendapat jawaban yang merasa diri nya sedih. Lampung selalu di cap menjadi kota penyalur pembantu,  kota tidak aman dan lain -  lain.  Dari situlah sepasang suami istri ini membangun usaha yang diharapkan dapat mengangkat nama Lampung.  Setidaknya bisa membuat kota Lampung lebih maju dan menciptakan lapangan pekerjaan buat anak -  anak muda Lampung menjadi maju dan kreatif.

Usahanya sangat berlian dan cemerlang,  usahanya itu membuat kota Lampung menjadi lebih maju.  Usaha ini pula di inisiatif dengan tidak ada Mall besar di Kota Lampung.
Studio Surya Maxima ini lah usaha yang didirikan oleh sepasang suami istri Mas Bayu dan Mba Yuke ( jebolan pencari bakat AFI asal Lampung di sebua…

Domus Rumah Permanen Instan

Apa itu rumah DOMUS 

Sebagian masyarakat sudah ada yang mengenal rumah DOMUS, ada juga yang belum tahu dan bahkan belum pernah dengar.
PT. Tatalogam Lestari melebarkankan sayapnya dengan membangun rumah DOMUS Instant permanen hanya dengan 5 hari, untuk rumah satu lantai. Bayangkan saja, rasanya tidak mungkin membangun sebuah rumah hanya membutuhkan waktu secepat itu. Tapi semua bisa dibuktikan oleh PT Tatalogam Lestari ini.

PT Tatalogam Lestari Adalah perusahaan genteng metal terbesar dan baja ringan terbesar di Indonesia. Berbagai penghargaan telah diraihnya. Dan kini Tatalogam Lestari kembali meluncur gebrakan nya dengan menghadirkan rumah instan permanen Domus. Perusahaan yang sudah ada sejak tahun 1994 ini menunjukkan keseriusannya dalam memproduksi genteng metal, baja ringan dan rumah DOMUS ini.

Pameran Indonesia Building Technologi EXPO pada tanggal 17 - 21 May 2017 yang bertempat di ICE - BSD CITY ini, PT Tatalogam Lestari ikut ambil bagian dalam pameran ini. Pameran yang berla…