Selasa, 01 November 2016

Merayakan Hari Blogger Nasional Bersatu padu Bersama Serempak

Posted by tina sindi on 06.07 with No comments

Kamis 27 Oktober saya hadir mengikuti acara gathering Serempak yang diadakan di ruang pertemuan Binus MM di FX Sudirman Senayan Lantai 6.
Acara ini sangat berbeda dari acata gathering Blogger biasanya. Semua bloggef yang hadir menggunakan pakaian daerah. Senang rasanya berbaur di tengah - tengah keragaman budaya ini. Suasana menjadi hidup dengan tema seperti ini. Para blogger yang hadir ada yang memakai pakaian adat Bali, adat Papua, adat Jawa, Adat Betawi, adat Sunda, Minahasa dan lainnya.

Acara Serempak ini di hadiri oleh Nara Sumber yang keren - keren dan luar biasa ini diantaranya :

  • Kang Maman Suherman ( Penulis Buku )
  • Ibu Yohana ( Perwakilan Kementrian KPPPA )
  • Ibu Martha Simanjuntak, SE, MM ( ketua pokja Serempak dan Founder IWITA )
  • Ibu Ina A Murwani ( Deputi Head Marketing Binus Bussiness School )
  • Mba Ani Bertha ( Social Media dan Sekjen Serempak )
  • Bp. Irwin Day ( Praktisi IT ).

Acara ini mendapatkan dukungan penuh dari Binus, oleh karenanya binus sangat mendukung dan mengapresikannya lewat memberikan tempat pertemuan binus untuk acara Blogger gathering ini.
Sangat senang mengikuti acara yang sudah mendapatkan dukungan dari pihak mana pun, termasuk Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( KPPPA).
Dalam acara ini pula Ibu Yohana Perwakilan dari KPPPA ini memberikan penjelasan kepada Blogger yang hadir. Menurut Ibu Yohana Blogger adalah jendela yang akan membuka wawasan tentang program 3Ends dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.
Blogger diharapkan dapat mendukung penuh program tersebut melalui tulisan - tulisan dan info yang bermanfaat di blog nya masing - masing.
Bertepatan dengan Hari Blogger Nasional ini, diharapkan kita dapat menjadi inspirasi para pembaca setia tulisan kita yang ada di blog. Dukungan yang di berikan KPPPA ini membuat kita bersemangat untuk maju dan dapat menggali lagi potensi menulis kita di blog masing - masing Blogger.
KPPPA bersama Serempak saat ini fokus pada program 3Ends.

Apa itu 3 Ends, 3 Ends adalah :

  1. Kurangi kekerasan pada perempuan dan anak
  2. Kurangi Perdagangan pada perempuan dan anak
  3. Kurangi kesenjangan kesempatan ekonomi
Semoga dengan bergerak bersama, kita dapat mewujudkan program 3Ends ini. Karena ini semua adalah tanggung jawab kita beesama. Mari bahu membahu dalam memerangi 3Ends ini.

Pemaparan dilanjutkan oleh Kang Maman Suherman ( No tulen di ILK dan Penulis ) ini menjelaskan keprihatinannya kepada kekerasan seksual yang marak terjadi di Indonesia. Kekerasan ini banyak terjadi pada anak yang masih dibawah umur. Pelaku kekerasan seksual ini kebanyakan adalah orang - orang yang sudah dekat dengan kita. Bisa teman, paman, orang tua, dan tetangga. Prihatin dan tersentuh sekali saya mendengar nya. Mengapa mereka tega melakukan hal seperti itu. Oleh karena nya saatnya kita berani bersuara membela yang benar. Agar kekerasan seksual di Negara kita dapat diatasi dan tidak akan terulang lagi pada siapun.

Setelah Kang Maman memberikan penjelasan, penjelasan berikutnya dibawakan oleh Ibu Ina A Muwarni selaku Deputi Head Marketing Binus Bussiness School, yang memaparkan tentang dukungan penuhnya kepada Blogger. Ibu Ina A Muwarni ini memberikan tips seputar blog agar menjadi konten yang sangat menarik.

6 hal agar blog itu dapat menjadi branding yang baik adalah :


  1. Pertama tentukan dulu arah tujuan Blog kita, dan untuk apa blog kita.
  2. Tentukan tema dari sebuah blog, tema blog kita mau mengulas tentang apa, misalnya tentang kuliner, kosmetik, kesehatan atau techno dan lain - lain.
  3. Pemilihan nama blog yang sesuai dengan tema dan yang membuat orang tertarik untuk melihat dan membaca blog kita. Dari nama saja sudah bisa dikenali jika pemberian nama blog yang menarik dan sesuai dengan tema yang kita bahas di blog kita. Misalnya tentang perempuan dan anak, resep masakan dan launnya.
  4. Pemilihan warna blog kita. Warna blog yang sesuai akan menaikkan branding blog kita. Pemilihan warna blog, warna judul blog dan warna tulisan.
  5. Lengkapi tulisan blog kita dengan foto. Foto yang mendukung dan selaras dengan judul dan bahasan tulisan blog kita, sebagai penunjang menariknya suatu tulisan yang kita bagikan di blog.
  6. Nah yang terakhir adalah investasi. Artinya, jangan pelit untuk menginvestasikan blog kita. Blog akan lebih bagus bila di belikan domain ataupun hosting. Hal ini dapat memudahkan daftar pencarian blog kita di google.
Selain ke 6 tips diatas SEO juga dibutuhkan agar blog kita dapat dikenal pembaca. Konsisten menulis, jangan pernah bosan apalagi tenggelam.
Share tulisan kita pada media sosial yanh kita miliki, agar blig kita semakin dikenal halayak lainnya.
Undang pembaca untuk memberikan komentar pada tulisan di blog kita dan gunakan Google Analytic agar blog kita dapat mendeteksi berapa pengunjung blog kita yang membaca, dari negara mama saja yang membaca blog kita.

Nah...yuk masing - masing kita lihat blog kita, apakah sudah sesuai dengan ilmu yang diberikan oleh Ibu Ina A Muwarni. Pelan - pelan kita terapkan agar hasilnya dapat maksimal. Tidak ada yang serba instant ya...semua butuh proses dan kerja keras serta pengalaman.

Setelah penjelasan dan pemberian ilmu dari Ibu Ina A Muwarni, penjelasan dilanjutkan oleh Mba Ani Bertha ( Social Medua dan Sekjen Serempak ). Hayo siapa yang ga kenal dengan mba Ani ini. Ini adalah blogger idola saya. Prestasinya yang luar biasa membuat saya sangat kagum pada sosok mba Ani Bertha ini. 
Mba Ani Bertha menjelaskan bila kita diundang suatu acara janganlah memilih milih acara misalnya ada fee nya atau tidak. Tapi biasakan datang keacara ingin mendapatkan ilmu. Toh ilmu itu jauh lebih berharga dibanding fee.
Apalagi bila diundang untuk acara - acara amal dan kemanusiaan. Tidak perlh kawatir, tidak axa tulisan yanv sia - sia, semua pasti akan bermanfaat.

Untuk menghargai pengundang usahakan blogger untuk menulis seputar acara tersebut. Jangan sampai tidak menulis. Kalau tidak mau menulis sebaiknya tidak usah datang. Ada baiknya reportase tulisan dikerjakan 1- 3 hari, karena biasanya ingatan kita dalam pembahasan suatu acara masih sangat melekat di kepala. Jangan sampai kelamaan, hasilnya akan lupa dan berujung menjadi malas.
Mba Ani Bertha sendiri mulai ngeblog dari 2007, semua pahitnya perjuangan sebagai blogger sudah dia lalui. Dan bisa dilihat sendiri hasilnha saat ini. Itulah sebabnya tak ada tulisan yang sia-sia, hanya saja semua butuh proses yang panjang dan berbuah manis saat ini. Salut banget deh buat Mba Ani Bertha. Ga salah saya mengidolakan beliau ini. Wanita tangguh dan berprestasi.

Dan sambutan terakhir di bawakan oleh Bp. Irwin Day ( Praktisi IT ), memberikan tips memaksimalkan blog kita. Menulis harus memiliki ide yang menarik, kreatif, inspiratif dan original pastinya. Jangan copas suatu tulisan bila ingin blog kita dikunjungi banyak pembaca. Buat semenarik mungkin dan natural apa adanya, tidak dibuat - buat. Jangan mengandung unsur sara pastinya. Beliau memberikan tips ini, karena beberapa tahun yang lalu beliau juga seorang blogger setelah akhirnya memutuskan berhenti menjadi blogger karena satu dan lain hal.

Semua pemaparan nara sumber inu sangat berisi dan juga banyak ilmu yang saya dapat hari ini. Semoga kedepannya saya bisa memaksimalkan blog saya seperti yang di utarakan oleh para nara sumber ini.
Ha sia - sia saya datang keacara ini, selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat juga hiburan yang sangat mengasyikkan ini. 

Iya...karena ditengah - tengah acara kita selalu dihibur oleh bintang tamu yang membawakan beberapa lagu yang saat ini sedang ngehit. Jadi semua blogger yang hadir ikut larut bernyanyi bersama. 

Acara yang sangat luar biasa ini, membuat saya senang dan mendapatkan ilmu untuk kedepannya memaksimalkan blog saya.
Terima kasih Serempak atas Undangannya Dan Keseruannya hari ini.
Semoga Serempak Bertambah Maju Kedepannya...Amin

Senin 01 November 2016
tinapurbo@gmail.com


Categories:

0 komentar:

Posting Komentar