Senin, 31 Oktober 2016

Cegah Diabetes Sebelum Terlambat

Posted by tina sindi on 06.48 with No comments

Diabetes adalah penyakit yang menakutkan buat saya.
Ya...diabetes sangat mengerikan. Mendengar namanya saja saya takut apalagi harus menyandang penyakit itu di badan saya. Berusaha untuk menjaga hidup sehat dan mengubah cara hidup sehat.

Penyakit Diabetes ini terjadi pada kehidupan kakak saya. Harus kehilangan suami yang sudah bertahun - tahun menggerogoti badannya. Perjuangan kakak ipar saya selama bertahun - tahun, dengan melalui proses yang sangat panjang dan berbagai macam cara pengobatan telah dia lakukan. Tapi hasilnya, Yang Maha Kuasa Berkata lain, kakak ipar saya harus menghadap yang Kuasa disaat pengobatan pasca operasi amputasi kaki nya yang sangat parah.
Nah...itulah sebabnya saya sangat ngeri sekali mendengar nama penyakit ini.

Belum lagi Ibu saya yang harus mengalami juga penyakit yang sangat berbahaya ini. Saat ini Ibu saya masih berjuang melawan penyakit ini dengan berbagai macam obat - obatan. Berusaha keras karena ingin terbebas dari penyakit ini. Gaya hidup sehat dan pola makan sehat pun sudah Ibu saya jalankan beberapa tahun belakangan. Dan saya sebagai anaknya ingin melihat ibu sehat. Anak mana yang tidak sedih jika melihat Ibu nya mengalami penyakit seperti ini.

Saat ini 9,1 juta orang di Indonesia menderita Diabetes sehingga Indonesia menduduki peringkat ke - 2 untuk jumlah penderita Diabetes di Asia setelah Cina.
Menurut data World Health Organization ( WHO 2009 ) sebanyak 90% penyandang Diabetes disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat seperti kurang olah raga dan pola makan tidak sehat.
Diabetes adalah suatu keadaan yang ditandai oleh kadar gula yang tinggi didalam darah yang disebabkan oleh gangguan metabolisme yang berhubungan dengan hormon insulin.

Waspada dan Cermati gejala Diabetes

  • Polyuria ( sering berkemih )
  • Polyphagia ( sering lapar )
  • Kaburnya penglihatan
  • Polydipsia ( sering haus )
  • Penurunan berat badan secara drastis.
  • Luka yang sulit untuk sembuh.
Nah itulah tanda - tanda Diabetes, jadi coba kita lihat pada diri kita, adakah tanda - tanda diatas pada tubuh kita. Bila tidak ada berarti tubuh anda aman dari Diabetes. Tapi bila ada salah satunya, coba konsultasi dan periksakan diri anda ke dokter.

Apa saja komplikasi Diabetes bila tidak di cegah

  • Kerusakan jantung
  • Kerusakan saraf
  • Kerusakan pada mata
  • Komplikasi ginjal
  • Kerusakan pembuluh darah kaki
  • Disfungsi ereksi (pada pria)
Bagi penderita Diabetes Cegah Komplikasi Diabetes sebelum terlambat.
Bagaimana cara mencegahnya ?
Ubah pola hidup anda dan terapkan 4 pilar Diabetes agar terhindar dari Diabetes dan komplikasinya.

1. Terapkan pola makan 3J 
* 3J adalah pola makan sehat  ( jumlah, jenis, jadwal ).
- Kontrol Jumlah asupan kalori kurang lebih 1500 kalori/day
- Pilih Jenis makanan sehat dengan Karbohidrat yang baik mengandung protein, lemak baik, dan kaya serat
- Atur Jadwal makan makan setiap hari 3x makan besar dan 3x makan kecil.

2. Olah raga secara rutin.
Jenis olah raga terbaik untuk penderita Diabetes adalah aerobik ringan hingga sedang atau latihan resistensi yang dapat dilakukan 3 kali per minggu. Konsultasi dengan dokter jenis olah raga yang paling sesuai dengan kondisi penderita diabetes. Serta kenalilah gejala hipoglikemia.

3. Konsultasi dan lakukan pemeriksaan kesehatan ( gula darah ) secara rutin.
Lakukan pemeriksaan kadar gula darah adalah pada saat : sebelum makan, 1 -2 jam setelah makan, sebelum tidur dan sebelum melakukan aktifitas.

4. Komsumsi obat dengan rutin sesuai anjuran dokter.
Obat - obatan harus selalu diminum agar Diabetes kita tetap terkontrol.

Nah...itulah pemaparan dari pencegahan Diabetes.
Kenapa kita begitu takut dengan penyakit ini. Ya...karena penyakit Diabetes merupakan salah satu dari empat prioritas Penyakit Tidak Menular.

Serem ya...kalau mendengar diabetes ini. Penyakit berbahaya tetapi tidak menular. Dan diabetes juga penyakit yang sulit untuk disembuhkan.
Diabetes juga merupakan penyebab utama untuk kebutaan, serangan jantung, stroke, gagal ginjal dan amputasi kaki. 80% kejadian Diabetes dapat dicegah, dan lakukan pencegahan sekarang.

Jadi jangan abaikan penyakit yang sangat berbahaya ini. Diabetes dapat menyerang organ - organ tubuh yang sangat penting seperti : mata, hati, jantung dan lain - lain. Penyebarannya sangat cepat bila tidak dicegah. Pencegahan sehari - hari sangat mudah sekali, biasakan hidup sehat, makan sehat dan olah raga. Jangan sering makan - makanan seperti jungfood dan siap saji. Perbanyaklah makan buah dan sayur. Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Istirahat yang cukup dan biasakan olah raga setiap hari dengan rutin.

Jika Diabetes dibiarkan tidak rutin diperiksakan ke Dokter maka diabetes dapat menyebabkan komplikasi serius dan menyebabkan kematian lebih cepat dari seharusnya. Ini adalah salah satu dari 8 penyakit utama yang menyebabkan kematian pada orang dewasa.

Orang yang menderita Diabetes memperbesar kemungkinan 2 kali lebih besar terkena serangan jantung. Diabetes adalah penyebab utama kebutaan, gagal ginjal, amputasi tungkai bawah dan beberapa akibat jangka panjang yang membuat mutu hidup menjadi lebih rendah.

Yuk...mari kita cegah diabetes didalam tubuh kita dengan cara CERDIK, apa saja yang disebut Cerdik :
- Cek kesehatan secara berkala.
- Enyahkan asap rokok
- Rajin Berolah raga
- Diet dengan kalori seimbang
- Istirahat Cukup
- Kelola stres.

Mari kita semua menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit yang mematikan ini. Diabetes sulit untuk disembuhkan, maka dari itu, sebelum kita terkena penyakit berbahaya ini, kita harus menjaga tubuh dari berbagai makanan dan juga aktifitas.

Sayangi tubuh kita sebelum penyakit menggerogoti tubuh kita.
Cegah, Obati Dan Lawan Diabetes.

Senin 31 Oktober 2016
tinapurbo@gmail.com


Categories:

0 komentar:

Posting Komentar