Senin, 31 Oktober 2016

Atasi Dan Cegah Kolesterol di Tubuh Kita

Posted by tina sindi on 10.29 with No comments

Minggu pagi ini saya begitu bersemangat menuju Ancol. Bukan untuk rekreasi apalagi liburan bersama keluarga. Saya berangkat sejak shubuh karena ingin melihat dan menyaksikan langsung acara yang diadakan oleh Nutrive Benecol ini. Acara ini sangat keren, cocok untuk saya menambah ilmu tentang penyakit yang berbahaya yang dapat menyerang tubuh kita.

Yess...tema dari acara ini adalah "Kenali Dan Kendalikan Risiko Jantung Koroner Anda", Melalui Gerakan Indonesia Tangkal Kolesterol Bersama NUTRIVE BENECOL. 
Wah...kalau masalah jantung dan kolesterol siapa sih yang ga takut ya, apalagi saya pecinta makanan berlemak dan enak, pasti rasa ketakutan ada di diri kita.
Tiba di Ancol tepat jam 6.30 wib, wah...ga nyangka aja kalau rumah saya yang jauh bisa sampai di ancol pagi - pagi sekali.
Dan sehat juga bagi tubuh kita, pagi sekalian olah raga, kan jarang - jarang juga saya olah raga. Faktor males masih dominan ditubuh saya.

Setiba nya di Ancol ternyata sudah ramai sekali. Banyak ibu - ibu dari berbagai wilayah datang ke acara ini, termasuk saya yang datang dari Bogor.
Acara Nutrive Benecol ini diadakan di Ecovation Ocean Ecopark Ancol, letaknya tidak jauh dari pintu utama barat Ancol. Ribuan orang memadati area ini. Ya...area yang dimana sedang berlangsung Nutrive Benecol ini. Antusias warga sangat luar biasa dengan acara bertema kolesterol ini.

Minggu 30 Oktober 2016 bertempat di Ecovation Ocean Ecopark Ancol ini adalah acara Nutrive Benecol sekaligus memperingati Hari Jantung Sedunia ( tanggal 29 September) dan Hari Stroke Sedunia ( tanggal 29 Oktober ). Ngeri ya...kalau udah mendengar kata Jantung dan Stroke.

Sebelum acara Press Conference dimulai saya berkeliling diarea ini dengan ratusan pengunjung yang ikut hadir acara pagi ini. Acara dimulai dengan senam sehat yang diikuti oleh para undangan. Sehat...sehat dan sehat itu pasti keinginan manusia. Tapi kadang keinginan sehat tidak dibarengi dengan pola hidup sehat juga. Alhasil banyak para usia lanjut yang mengalami sakit Jantung dan juga Stroke. Duh...saya jadi merasa bersalah juga, karena selama ini masih jauh diatas nilai sempurna ini.

Ramai dan seru acara senam ini, saya aja yang jarang senam jadi keikutan beberapa gerakan senam disini. Lumayan berkeringat dan membuat badan menjadi lebih rileks. Setelah acara senam, dilanjutkan dengan cek kolesterol.
Owh ya...cek kolesterol ini gratis loh. Karena peserta acara nya sangat banyak, jadi agak sedikit mengantri untuk cek kolesterol ini, padahal sudah disediakan banyak panitia yang bertugas melayani pengecekan kolesterol.
Beruntung ya, disediakan pengecekan kolesterol gratis. Selain itu dilokasi acara juga banyak both - both sponsor, seperti kalbe, RS. Mitra Keluarga, Bank DKI dan masih banyak lagi lainnya.

Tepat jam 11.00 acara Press Conference dimulai.
Acara ini Kalbe Nutritionals didukung oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dan Yayasan Jantung Indonesia serta bekerja sama dengan Klikdokter.com.
Acara Press Conference di mulai dengan pemaparan dari Nara Sumber pertama yaitu Prof. DR. dr. Budhi Setianto, Sp.JP (K) selaku Ketua 1 Yayasan Jantung Indonesia. Dr. Budhi Setianto menjelaskan serangan jantung dan stroke menduduki dua peringkat teratas penyebab kematian dunia. Sementara menurut hasil Riset Kesehatan Dasar Indonesia 2013, Stroke dan penyakit jantung juga menduduki peringkat teratas penyebab kematian di Indonesia. Stroke dan penyakit jantung uniknya memiliki faktor risiko yang sama. Artinya sebagian besar yang terkena stroke berisiko tinggi terkena serangan jantung. Demikian pula sebaliknya. Mengacu pada riset dari Center for Disease Control and Prevention ( CDC ) di Amerika, orang dengan kadar kolesterol tinggi, berisiko hingga 2 kali lipat menderita penyakit jantung di bandingkan orang dengan kadar kolesterol normal. Sementara proporsi rerata masyarakat Indonesia dengan kadar kolesterol total diatas nilai normal adalah 35% (1 dari 3 orang). Proporsi masyarakat dengan LDL ( Kolesterol jahat ) diatas nilai optimal mencapai 76,2% (dengan proporsi kategori LDL tinggi atau sangat tinggi 15% ).
Mendengar penjelasan dari Dr. Budhi ini rasanya langsung kena saya. Selama ini saya merasa kurang hidup sehat. Rasanya kok saya jahat banget ya sama badan saya. Tidak mau membiasakan diri untuk hidup sehat. Dan...bertekad mulai hari ini saya harus hidup sehat dan teratur. Ingat umur, itu yang akan menjadi penyemangat hidup sehat saya kedepannya.

Pemaparan ke dua dilanjutkan oleh Dr. Vito A. Damay, Sp. JP, M.kes, FIHA, FICA, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dari klikdokter.com menjelaskan Salah satu upaya untuk mencegah penyakit jantung dan stroke adalah dengan mencegah faktor utama penyebabnya seperti  Diabetes Melitus ( penyakit gula atau kencing manis), Hipertensi ( tekanan darah tinggi ), kebiasaan merokok, kegemukan, dan kadar kolesterol tinggi. Kolesterol jahat merupakan bagian penting dalam mekanisme terbentuknya plak aterosklerosis yang menyebabkan penyempitan dalam pembuluh darah jantung.
Salah satu penyebabnya adalah komsumsi makanan kurang sehat secara berlebih.

Berikut adalah 5 makanan yang tinggi kadar kolesterol jahat (LDL) yaitu :

  1. Kuning telur dengan 1234 mg kolesterol/100 gr.
  2. Telur ikan dengan 588 mg kolesterol/100 gr
  3. Hati dengan 564 mg kolesterol 100gr
  4. Mentega dengan 215 mg kolesterol/100 gr
  5. Udang dengan 588 mg kolesterol/100 gr.
Itulah ke 5 makanan yang sangat berbahaya bagi tubuh kita, bila dikomsumsi dalam jumlah besar dan terus menerus.
Kadar kolesterol jahat yang tinggi sebenarnya tanpa gejala spesifik, karena masyarakat Indonesia umumnya berasumsi bahwa gejala kolesterol tinggi bisa dikenali lewat tanda seperti pusing pada bagian belakang kepala, pegal pada tengkuk dan pundak, serta nyeri pada dada bagian kiri seperti tertusuk duri.
Nah...nah...ada ga yang merasakan seperti ini. Saya jadi mengenali tanda - tanda ini, ada ga ya tanda ini dibadan saya. Dan jadi tambah optimis nih, mulai sekarang saya harus hidup sehat.
Kalian juga ya...mari sama - sama kita galakkan hidup sehat agar terhindar dari penyakit berbahaya dan mematikan dari badan kita.
Ga usah cepat - cepat, pelan - pelan saja dulu, misalnya mengurangi makanan berlemak, makanan tidak sehat dan olah raga agar tubuh kita menjadi bugar.
Lama kelamaan pasti ini menjadi hal yang sangat mudah dilakukan setiap hari.

Tak kalah kerennya Bp. Donny Bambang Iryanto selaku Senior Brand Manager Nutrive Benecol dari program tangkal kolesterol bersama Nutrive Benecol merilis gerakan senam B-FIT dan Kampanye Tangkal yang terdiri dari 7 langkah tangkal kolesterol yaitu :

  1. Teratur periksa kolesterol.
  2. Awasi asupan dan pola makan.
  3. Nikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol.
  4. Giat berolah raga dengan senam B-FIT.
  5. Kendalikan berat badan dan hindari stress.
  6. Awasi tekanan darah.
  7. Lengkapi dengan Nutrive Benecol 2x sehari.
Bagaimana, mudah kan. Mari kita coba sama - sama agar tubuh sehat dan terhindar dari penyakit jantung dan kolesterol.

Sebagai bentuk konkrit dari kampanye TANGKAL, ini ada tiga hal yang menjadi fokus utama Gerakan Indonesia Tangkal Kolesterol dalam rangka menurunkan prevalensi penderita kolesterol tinggi dan jantung koroner di Indonesia.

  1. Menganjurkan dan mendukung pengecekan kolesterol secara teratur, mengingat fakta bahwa kolesterol tidak menimbulkan gejala. Dalam hal ini, kampanye gerakan Indonesia Tangkal Kolesterol menyediakan layanan pengecekan kolesterol serta layanan pengecekan risiko jantung koroner gratis. Kedua layanan ini juga tersedia di berbagai cabang KalCare diseluruh Indonesia.
  2. Memberikan dukungan melalui kandungan unggulan dari Nutrive Benecol, yaitu Plant Stanol Ester. Olavi Erkinjuntti selaku Global Director Benecol Licensing Businnes menjelaskan "menurut data global WHO, lebih dari 50% orang dewasa memiliki tingkat kolesterol yang tinggi, dan di Indonesia angkanya mencapai 36%. Plant Stanol Ester yang memiliki efek untuk menurunkan kadar kolesterol telah terbukti melalui lebih dari 70 uji klinis dan produk Benecol dapat menurunkan kadar kolesterol rata - rata 10% dalam 2-3 minggu dan menjaganya tetap rendah jika digunakan secara teratur. Plant Stanol Ester juga telah mendapatkan pengakuan sebagai produk kesehatan yang aman dari FDA ( food and Drug Administration ) Amerika dan EU Commission. Plant Stanol Ester, yang hanya dapat ditemukan di Benecol, juga direkomendasikan dalam beberapa panduan kardiovaskuler internasional.
  3. Mendukung gaya hidup sehat dengan menjaga pola makan serta olah raga secara teratur melalui rangkaian kegiatan Gerakan Indonesia Tangkal Kolesterol.
Acara hari minggu pagi hingga siang ini benar - benar sangat bermanfaat, terutama buat saya sendiri. Banyak ilmu penyakit jantung dan kolesterol yang selama ini saya belum banyak tau sebab dan akibatnya.

Nah...terbukti kan kalau Nutrive Benecol ini dapat meknurunkan kadar kolesterol. Jadi jangan ragu lagi untuk mengkomsumsi Nutrive Benecol ini. Disamping rasanya yang enak juga ada manfaat lain yang terkandung dalam minuman Nutrive Benecol ini.
Dengan meminum secara teratur 2x sehari, jantung dan kolesterol akan turun dan kita akan terbebas dari penyakit berbahaya.

Sayangi jantung anda dan jauhkan dari kolesterol jahat ditubuh kita.

Selasa 01 November 2016
tinapurbo@gmail.com


Categories:

0 komentar:

Posting Komentar