Rabu, 14 September 2016

Semua Persalinan Memiliki Kelebihan Dan Kekurangan Masing - masing

Posted by tina sindi on 21.01 with 2 comments

Minggu lalu tepatnya hari Kamis tanggal 8 September 2016 saya dan teman - teman Blogger
menghadiri acara peluncuran Mother and Child Ward 32th dan VIP Ward 33th di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi.
Mother and Child Ward ini sangat berbeda sekali.
Kenapa ?
Karena MRCCC Siloam Hospitals Semanggi ini bekerja sama dengan Blibli.com sebagai penyedia paket kesehatan dan persalinan yang dapat di beli secara online, Blibli.com juga tersedia counternya di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, jadi kebutuhan bayi dan ibu dan juga alat kesehatan lainnya tersedia di Blibli.com ini. Memudahkan pasien untuk berbelanja semua kebutuhan yang diperlukan saat berada di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi.

Acara di mulai tepat jam 9 pagi, dengan sambutan dari Ibu Melisa Selaku Direktur MRCCC Siloam Hospitals Semanggi.
Kemudian di lanjutkan  oleh Dr. Batara Sirait, SpOG memaparkan tentang persalinan dan persiapan persalinan bagi para ibu hamil.
Dr. Batara Sirait SpOG menjelaskan bahwasannya dalam menjalani proses kehamilan sangatlah panjang. Oleh karenanya dalam menjalani proses kehamilan haruslah sang ibu menjalani beberapa rangkaian pemeriksaan kandungan secara teratur. Banyak masalah kehamilan yang terjadi jika kita tidak memeriksakan kandungan kita ke Dokter. Setiap bulannya kandungan harus diperiksa agar terhindar dari hal - hal yang tidak kita inginkan dan bayi pun sehat tanpa kurang suatu apapun.
Makanan dan gizi seimbang harus selalu diutamakan agar sang ibu dan kandungan sehat dan terhindar dari berbagai macam masalah kandungan dan kelainan pada ibu dan bayi. Asupan gizi dan nutrisi pun harus tetap dijaga dengan baik.
Selain proses persalinan nantinya kita sebagai ibu lah yang akan menentukan proses persalinannya mau seperti apa dan bagaimana.
Kebanyakan para ibu menginginkan proses persalinan normal, namun ada juga ibu yang memilih proses persalinan Caesar agar terhindar dari rasa sakit saat mengejan. Tapi semua itu kembali lagi pada masing - masing pemikiran dan keinginan sang ibu.

Bagi para ibu yang tidak mempunyai masalah pada janinnya sebaiknya melakukan persalinan secara normal. Karena persalinan secara normal itu sangat dianjurkan oleh Dokter dan juga sangat menguntungkan bagi sang ibu.
Memang pada dasarnya persalinan normal sangat terasa sakitnya dari mulai kontraksi pembukaan 1, 2 dan seterusnya, rasa mules yang luar biasa sampai rasa sakit saat mengejan. Tetapi ketika sang bayi sudah dilahirkan rasa sakit akan hilang dan juga proses penyembuhan sang ibu sangat cepat dan singkat. Sehingga ibu dapat lebih fokus mengurus sang bayi.
Biasanya masalah yang terjadi pada janin di dalam kandungan yang membuat ibu harus melakukan operasi Caesar adalah : bayi sungsang, bayi terlilit tali pusar dan juga tidak ada reaksi ataupun kontraksi dan rangsangan tanda - tanda melahirkan. Maka untuk menyelamatkan sang bayi ibu harus melakukan persalinan caesar.
Melahirkan caesar keuntungannya bisa diatur waktunya, tidak mengejan saat reaksi perut terasa sakit, tetapi bekas luka sayatan diarea perut karena pada saat caesar, kulit lapisan perut disayat sebanyak 7 lapisan untuk bisa mengeluarkan sang bayi. Itulah yang mengakibatkan masa pemulihan sang ibu menjadi lama dari pada masa penyembuhan persalinan normal.
Semua persalinan pada dasarnya masing - masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya.
Yah...itulah nikmatnya menjadi seorang ibu ya...

Karena banyak resiko yang dapat ditimbulkan oleh karena melahirkan, maka untuk para ibu hamil dianjurkan jika melakukan persalinan harus ada yang mendampingi. Suami, orang tua ataupun saudara, karena dokter dan juga perawat tidak seratus persen dapat selalu menjaga sang ibu pada saat proses melahirkan. Karena banyak pasien lainnya yang juga memerlukan pertolongan persalinan. Setidaknya ada yang menjaga sang ibu dari mulai kontraksi pembukaan hingga melahirkan. Hal ini juga akan mempermudah pekerjaan sang dokter dan juga perawat, dan sang ibu pun akan merasa tenang karena ada yang menjaganya.

Pemaparan dilanjutkan oleh Dr. Paulus Unardi, SpA memberikan pemaparan tentang pentingnya Air Susu Ibu ( ASI ).
Bayi usia 0 - 6 bulan wajib mendapatkan ASI eksklusif. ASI eksklusif ini gunanya bayi akan mendapatkan manfaat yang sangat besar. Air susu ibu dapat merangsang pertumbuhan sel - sel otak sang bayi. Air susu ibu juga dapat memenuhi semua kebutuhan nutrisi yang diperlukan sang bayi. Air Susu Ibu adalah makanan terbaik untuk kehidupan awal sang bayi. ASI juga sudah direkomendasikan oleh WHO sebagai nutrisi terbaik dalam masa pertumbuhan.
Air susu ibu yang pertama kalinya keluar adalah kolostrum. Pemberian kolostrum pada sang bayi dapat memberikan perlindungan kekebalan tubuh bayi dan juga perlindungan bayi dari infeksi dan alergi dan juga dapat mencegah penyakit kuning pada bayi.
Penyakit kuning pada bayi disebabkan sang bayi kurang banyak meminum air susu ibu. Bayi kurang mengkomsumsi ASI ada dua sebab. Pertama air susu ibu yang sedikit, dan tidak memenuhi kebutuhan bayi sedangkan yang ke dua bayi yang malas menyusu karena bayi asik tertidur sepanjang hari.
Bayi yang kurang minum ataupun kurang mengkomsumsi ASI dapat mengakibatkan penyakit kuning dan pengobatannya harus diberikan Sinar.
Karena kandungan dalam ASI sangat bagus, kandungan yang terdapat dalam ASI adalah kandungan anti bodi, kandungan sel darah putih dan juga kaya Vitamin A yang dapat membantu bayi terlindung dari Alergi dan penyakit kuning.

Setelah sang bayi berusia diatas 6 bulan, bayi diperbolehkan diberikan makanan pendamping seperti MPASI. Karena diusia 6 bulan keatas kebutuhan tubuh bayi akan semakin banyak. Disamping itu ASI masih tetap diberikan hingga sang bayi berusia 2 tahun.
Sebagai ibu menyusui pun harus mengkomsumsi makanan yang sehat, seperti sayuran, buah - buahan, ikan, telur, ayam dan daging agar ASI nya tetap lancar. Karena makanan sehat dan bergizi dapat membantu pertumbuhan sel - sel otak bayi hingga anak berusia dewasa. Ibu yang sehat akan mempunyai bayi yang sehat juga.
Dalam menyusui bayi pun sang ibu akan mendapatkan banyak manfaatnya diantaranya dapat membantu mengembalikan berat badan semula, mengurangi anemia, mengurangi pendarahan pasca persalinan dan juga mencegah kanker ovarium dan kanker payudara.
Jadi untuk para ibu disarankan jangan malas memberikan ASI pada bayinya. Karena banyak manfaatnya juga buat para ibu dalam memberikan ASI pada sang anak.
Pemberian ASI pun dapat membuat kedekatan ibu dan sang bayi. Pertumbuhan sang bayi hanya satu kali, jadi jangan sia - sia kan kesempatan ini. Menemani dan mengurus bayi tidak akan terulang dua kali pada bayi yang sama. Rawat dan sayangi anak kita jangan sampai kita menyesal nantinya.

Tak terasa acara ini sudah sampai dipenghujung, namun sebelum acara ditutup masih ada pemaparan yang tak kalah pentingnya untuk kita.
Yaitu penjelasan dari Bp. Lay Ridwan selaku Head of Trade Partnership Blibli.com yang memaparkan tentang paket kesehatan MRCCC Siloam Hospitals Semanggi tersedia di Blibli.com berupa Maternity Package, Medical Check Up Package dan paket Deteksi jantung.
Wah....lengkap ya MRCCC Siloam Hospitals Semanggi ini. Dan semakin bertambah lengkap bekerja sama dengan Blibli.com. Para pasien akan menjadi semakin mudah untuk mendapatkan alat kesehatan sekaligus pemeriksaan. Satu kesatuan yang saling mendukung.
Untuk keterangan yang lebih jelasnya dapat dilihat di link :

Dan acara ditutup dengan Hospital tour, dan selesai sudah rangkaian acara hari ini. Semoga bermanfaat untuk semua orang terutama para ibu hamil dan menyusui.

Kamis 15 September 2016
tinapurbo@gmail.com

Categories:

2 komentar:

  1. Mbaa Tinaa, tulisannya bisa nih buat ibu hamil dan menyusui . DI masa masa itu kan butuh banyak banget informasi yang baikk

    BalasHapus
  2. Nah iya bener mba Rach Alida, aku pun saat hamil dl minim akan informasi mba....

    BalasHapus