Minggu, 25 September 2016

Berikan Dukungan untuk Mama dalam Memberikan ASI Eksklusif pada Bayi

Posted by tina sindi on 18.15 with 11 comments

Belajar tentang ASI dan menyusui rasanya tak kan ada habisnya. Apalagi bagi seorang mama, pembelajaran harus terus menerus dilakukan agar kita tahu cara yang benar dalam memberikan ASI pada sang buah hati. Tak ada seorang mama yang rela membiarkan buah hatinya tumbuh dalam ketidak cukupan asupan gizi.

Bersama para Mama yang luar biasa saya hadir dalam acara Talkshow dan berbagi inspirasi bagi para mama untuk mendukung kegiatan menyusui. Acara yang di adakan oleh Lactamil ini, bertempat di Hotel Sultan Senayan pada hari Minggu 18 September 2016 membuat saya semangat untuk hadir, karena acara ini sangat bermanfaat dan banyak ilmu tentang mama dan buah hati.
Kodrat seorang mama adalah menyusui, mendidik dan membesarkan buah hati. Bagi mama yang sedang mengandung merupakan anugerah dan kebahagiaan bagi dirinya dan suaminya. Kehadiran sang buah hati selalu ditunggu - tunggu bagi setiap pasangan rumah tangga. Rasa bahagia akan semakin lengkap dengan kehadiran sang buah hati.

Acara Talkshow dan Berbagi Inspirasi #MamaPastiBisa yang diadakan oleh Lactamil ini dihadiri oleh Psikolog Anak dan Keluarga Ibu Anna Surti Ariani, S. Psi, M. Si, Psi, M, Ibu Widita Sukma Wimala, Brand Manager Lactamil, dan Nadia Mulya presenter dan penulis buku, juga para undangan, media dan blogger.

Dalam sesi Talkshow dan berbagi inspirasi #MamaPastiBisa ,Psikolog Anak dan Keluarga Ibu Anna Surti Ariani memaparkan saat ini diberbagai penelitian membuktikan bahwa kurangnya dukungan terhadap mama menyusui bisa melemahkan intensi menyusui, ini akan mengakibatkan rentan gagal menyerah memberi ASI kepada anaknya. Intensi mama menyusui sangat dipengaruhi oleh suami, dibandingkan orang lain meskipun dukungan keluarga besar, tetangga dan teman juga sangat dibutuhkan. Dari masa kehamilan mama harus banyak mengkomsumsi air, karena mama yang sedang hamil membutuhkan banyak cairan antara 6 sampai 8 gelas perhari.

Cairan apa yang dimaksud ?

Cairan bisa dalam bentuk air putih biasa, susu ataupun jus. Kebutuhan akan cairan ini akan bertambah seiring dengan bertambahnya usia kehamilan mama. Kekurangan cairan di awal masa kehamilan akan membuat mama mudah lemah dan bahkan pingsan, sedangkan dehidrasi yang terjadi di akhir kehamilan bisa menyebabkan kontraksi prematur. Nah kebayang kan Mom gimana kalau kita kekurangan cairan?
Jadi...demi kebaikan mama dan janin jangan sampai masa kehamilan mama kekurangan cairan ya...perbanyak minum dan mengkomsumsi yang banyak mengandung air. Demi kebaikan mama dan janin juga tentunya.
Menurut Ibu Anna Surti dukungan kepada mama menyusui bisa dalam bentuk membantu mengurus bayi dan mengerjakan tugas rumah tangga agar mama tidak terlalu lelah. Dukungan lain juga bisa diberikan dengan mendengarkan keluh kesah dan meyakinkan mama bahwa Ia adalah mama yang baik untuk bayi nya, sehingga mama lebih semangat dalam menyusui si kecil.

Selain dukungan moral, mama juga berhak menerima dukungan dalam bentuk Nutrisi yang tepat. Widita Sukma Wimala Selaku Brand Manager Lactamil mengatakan Lactamil mengerti pentingnya dukungan bagi mama yang menyusui. Dukungan ini kami wujudkan dalam #MamaPastiBisa, adalah sebuah wadah dimana mama bisa mengetahui lebih banyak mengenai kiat sukses menyusui dari para ahli. Lactamil sendiri hadir dengan Lactasis yang mengandung ADIK+, Asam Folat, Vitamin D, Zat Besi dan Kalsium serta ekstrak daun katuk sebagai salah satu pilihan untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi Mama selama masa menyusui.

Dalam kesempatan yang sama, pengalaman memberikan ASI eksklusif juga dipaparkan oleh Nadia Mulya, Ibu tiga anak yang berprofesi sebagai presenter dan penulis buku. Menurut Nadia Mulya, pengalamannya memberikan ASI hingga 1 tahun 11 bulan untuk anak pertamanya. Sedangkan anak kedua, Nadia memberikan ASI hingga 2 tahun 10 bulan, Sementara anak ketiga Nadia memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan dan melanjutkan selama anak ketiganya masih mau menyusui, karena Nadia Mulya paham sekali manfaat ASI yang sangat penting. Konsistensinya dalam memberikan ASI tersebut tidak lepas dari dukungan keluarga dan para kerabat yang selalu mendampingi Nadia selama proses menyusui.
Nah betapa pentingnya ASI buat bayi, jadi berikanlah ASI kepada sang bayi agar tercukupi semua kebutuhan akan zat yang terkandung dalam ASI.

Sebelum Mama menyusi bayi ada baiknya Mama tahu manfaat apa saja yang bisa didapat si bayi dalam ASI, supaya mama menjadi ber semangat dalam memberikan ASI pada buah hati dan mama menjadi pantang menyerah apapun yang mama rasakan dalam memberikan ASI pada bayi.

Manfaat ASI dalam tumbuh kembang bayi :

ASI adalah bentuk nyata keajaiban karena ASI menyediakan gizi lengkap dan anti bodi yang di perlukan bayi agar pertumbuhan dan perkembangannya optimal. Penelitian telah membuktikannya, bayi yang di susui akan tumbuh lebih cerdas dan beresiko lebih rendah untuk menderita penyakit seperti diabetes, obesitas, alergi dan kanker saat dewasa. ASI juga mudah didapat ( gratis ), higienis dan ramah lingkungan, berbeda dengan susu formula. ASI menyediakan gizi optimal untuk bayi dan menunjang tumbuh kembangnya.
ASI memungkinkan anak - anak mewujudkan potensi maksimalnya, sehingga mereka dapat berkontribusi untuk Indonesia dimasa depan. Mengingat rasio menyusui Nasional baru mencapai 42%,  Pemerintah Indonesia dan mitra pembangunannya telah sepakat bersinergi untuk mendukung perempuan untuk menyusui, sehingga anak dapat tumbuh sehat dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan mengurangi kemDukungan.

Menyusui adalah salah satu cara paling penting untuk memastikan anak - anak mendapatkan gizi terbaik dalam 1000 hari pertamanya. Untuk bayi, ASI adalah faktor utama agar pertumbuhan fisik, otak dan emosinya optimal. Lebih banyak mama yang menyusui akan mendukung pertumbuhan anak sehat dan pada akhirnya akan berdampak pada pemberantasan kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi. Oleh sebab itu mama diharapkan memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan, setelah bayi ber usia 6 bulan keatas, mama boleh memberikan tambahan MPASI dan masih tetap harus menyusui sampai bayi berusia 2 tahun agar daya tahan bayi semakin kuat dan perkembangan badan dan otaknya sempurna.

Dalam acara Talkshow ini juga Lactamil membahas tentang dukungan bagi para mama agar semangat untuk menyusui sang buah hati. Apa saja dukungannya untuk sang mama?
Dukungan pada mama agar semangat menyusui adalah

  1. Dukungan dari Suami : Suami mendukung mama menyusui dengan membuatkan segelas susu Lactamil coklat hangat untuk mama dimalam hari. Bergantian mengganti popok dan menggendong bayi dimalam hari, dan selalu memberikan kata - kata pujian, misalnya mama adalah mama yang hebat karena telah melahirkan anak kita dan masih banyak lagi dukungan suami pada mama.
  2. Dukungan lingkungan sekitar, keluarga,teman, ataupun kerabat ditempat kerja secara terus menerus : Lingkungan adalah teman, membantu dan memberikan dukungan dalam situasi apapun, misalnya mama bekerja teman ataupun atasan bisa memberikan waktu untuk mama memerah ASI nya dan menyediakan tempat ASI yang sudah di pompa mama ( lemari pendingin ) Hal ini dapat membantu suksesnya pemberian ASI eksklusif 6 bulan dan melanjutkan menyusui selama bayi mau.
  3. Dukungan Nutrisi yang tepat agar ASI tetap lancar dan bayi akan terpenuhi kebutuhan akan ASI : Nutrisi adalah Asupan makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu yang Nutrisinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan mama menyusui. Nutrisi dalam Lactamil sangat cocok karena mengandung tinggi akan asam folat, Vitamin D, Zat besi, Kalsium, dan ekstrak daun katuk.

Semua dukungan itu harus diberikan pada mama dan akan berdampak positif pada bayi, karena bayi akan merasa nyaman saat menyusui. Dengan demikian cinta mama dan anak akan tumbuh terjalin dengan baik. Ikatan bathin yang sangat kuat antara mama dan bayi.
Hasil menyusui akan berdampak dari 3 sisi yaitu : 

  • Sisi bayi 
  • Sisi Mama
  • Sisi Lingkungan

Sisi Bayi :
Pastikan bayi dalam dalam benar dalam menyusui karena kenyamanan bayi saat menyusui akan berpengaruh pada banyak nilai ASI yang di komsumsi sang bayi. Bila bayi merasa nyaman maka dia semangat menyusui sehingga bayi akan tercukupi kebutuhannya akan ASI dan terhindar dari kekurangan ASI yang berakibat sakit kuning pada bayi. Jadi mama harus perhatikan benar - benar apakah posisi bayi dalam menyusui sudah sejajar dan benar sehingga bayi akan nyaman dan aman.

Sisi Mama :
Modal utama mama adalah semangat dan mau menyusui itu adalah modal paling penting. Mama harus percaya diri bahwa mama pasti bisa menyusui bayi dengan baik dan benar tanpa ada unsur paksaan tapi kesadaran dari diri mama sendiri. Produksi ASI akan baik jika tau caranya. Mama harus banyak membaca ataupun konsultasi ke dokter. Semakin sering intensifitas mama menyusui, maka akan semakin banyak ASI mama yang berproduksi. Rangsangan bayi menyusui akan membuat jaringan ASI baru pada mama, lakukan pemberian ASI sesering mungkin pada bayi mama akan memberikan rasa kedekatan dan kenyamanan pada mama dan bayi.

Sisi Lingkungan :
Bila mama semangat menyusui maka suami harus mendukung dan memberikan semangat 90%. Dukungan suami antara lain ikut membantu mengasuh bayi, menggendong dan menggantikan popok bayi. Bisa juga suami membantu pekerjaan rumah agar mama tidak merasa kelelahan saat menyusui sang bayi. Kurangi tuntutan suami pada mama misalnya memaksa mama mengerjakan suatu pekerjaan rumah tangga harus cepat - cepat selesai. Berikan pujian - pujian yg membuat mama tidak merasa bersalah dengan memiliki bayi, biasanya sehabis melahirkan kepercayaan diri mama akan berkurang dengan berat badan nya. Berikan pijitan pada punggung mama agar kelelahan mama saat menyusui terobati dan pijitan itupun akan memperbanyak proses ASI pada mama. Dengan demikian mama akan selalu merasa semangat untuk menyusui buah hatinya. Karena dukungan suami sangat dibutuhkan oleh sang mama. Dukungan teman, keluarga juga sangat mendukung.

Selain menginpirasi Mama melalui sesi talkshow #MamaPastiBisa juga memberikan edukasi dan pelatihan seputar pijat laktasi. Pijat Laktasi sangat bermanfaat untuk memperlancar pemberian ASI dan meringankan masalah payudara yang terjadi saat menyusui seperti bengkak atau mastitis. Pemijatan ini  dapat dilakukan sendiri oleh Mama dirumah. Ini merupakan salah satu wujud dukungan untuk membantu mama saat menyusui. Dukungan bagi Mama dan si kecil harus diberikan secara terus menerus dan berkelanjutan karena menyusui adalah sebuah proses yang cukup panjang yang harus dijalani Mama untuk memberikan awal terbaik bagi si kecil.

Satu lagi yang tidak boleh terjadi pada Mama menyusui adalah, Mama harus terhindar dari Stres. Kondisi emosional mama harus selalu happy dan keyakinan diri #MamaPastiBisa adalah faktor yang sangat penting dalam produksi ASI. Mama harus yakin bahwa menyusui adalah kodrat setiap wanita dan hal alamiah yang telah dilakukan sejak awal jaman. Memberikan ASI pada bayi sebagai bekal terbaik awal kehidupannya. Maka dari itu Mama harus selalu menyempatkan diri untuk bisa menghilangkan stres, misalnya sesekali bekumpul bersama teman, menghabiskan waktu berdua bersama pasangan, dengan makan malam ataupun jalan - jalan, mencari hiburan lain dengan menonton ataupun membaca buku atau majalah, agar Mama terhindar dari stres yang berdampak pada ASI mama. Jangan menyusui dijadikan beban, tapi jadikanlah menyusui sesuatu yang menyenangkan. Karena menyusui juga akan berdampak ikatan bathin yang sangat kuat antara mama dan bayi. Mama senang dan tidak stres, bayi pun akan tenang. Menyusui juga akan membawa hal positif untuk mama sendiri. Menyusui dapat terhindar dari perdarahan pasca persalinan, mempercepat proses penyembuhan setelah persalinan juga dapat dengan cepat mengembalikan berat badan Mama seperti semula.
Nah...sangat bermanfaat kan Mama ? Jadi jangan pernah menyerah dan selalu semangat dalam memberikan ASI pada bayi ya, Mama...



Setelah itu acara dilanjutkan dengan penanda tanganan Mug Ceremonial sebagai salah satu bentuk dukungan Lactamil untuk Mama menyusui. Penanda tanganan ini dilakukan oleh tiga Nara Sumber yaitu : Ibu Anna Surti Ariani, Ibu Widita Sukma Wimala dan Nadia Mulya.

Dan selesai sudah keseruan acara talkshow dan berbagi inspirasi #MamaPastiBisa hari ini. Banyak ilmu yang sangat bermanfaat yang saya dapat diacara ini.
Acara ditutup dengan foto bersama para Media, Blogger dan juga para Mama yang luar biasa.

Terima kasih Lactamil atas undangannya hari ini, semoga ilmu yang saya dapatkan bisa saya praktekkan dalam kehidupan sehari - hari dan bisa menginspirasi Mama - mama yang lain.

#MamaPastiBisa

Senin 26 September 2016
tinapurbo@gmail
Categories:

11 komentar:

  1. Sbg ibu menyusui :D betul bgt mba, dukungan dari orang terdekat dibutuhkan, seperti gantian mnjaga bayi, ibu nya makan yg banyak heheee :)
    Salam knal ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sebelumnya sudah malipir keblog saya, iya benar mba Suciati Cristina, dukungan dimulai dari hal2 yg terkecil sudah sangat membantu mama menyusui, salam kenal kembali mba...dan salam santun untuk mba dan keluarga

      Hapus
  2. Wah bermanfaat banget ini acaranya ya terutama utk ibu2 yg sedang menyusui

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba rita dewi, sangat bermanfaat terutama untuk mama pemula yang baru akan menyusui bayinya, jd pembelajaran ya mba...salam kenal mba...dan salam santun selalu

      Hapus
  3. Setuju. Ibu menyusui butuh didukung lingkungan yang kondusif. Semangat ngASI!

    helenamantra dot com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangatt mba Helenamantra, dan yg pasti ibu menyusui tidak boleh stress

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  4. Dukungan dari suami yang paling penting buat Ibu Menyususi. Karena kalau suami mendukung, rasanya cape pun ngga bakal terasa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuuuu... Mba Husna Risalah, makasih mba udh BW

      Hapus
  5. nambah pengetahuan baru lagi nih, manfaat asi ternyata banyak jg ;)

    Budy | Travelling Addict
    Blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mas Budy, manfaat ASI sangat besar buat tumbuh kembang sang bayi, makasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blog saya, salam santun selalu

      Hapus